Tambang Liar Kian Marak di Gunung Tuleh


Selasa, 11 Agustus 2015 - 19:35:02 WIB
Tambang Liar Kian Marak di Gunung Tuleh

Dari kawasan simpang Asra (Simpang Empat - Ujung Gading), papar Harju lagi, aksi penambang liar, dengan motif cari emas, memakai peralatan setengah modern (memakai dom­peng, mengundi nasip de­ngan usaha tambang emas) berlanjut hingga ke sekitar kawasan  Jorong Rimbo Janduang di Kenagarian Air Gadang, Kecamatan Pa­saman.

Baca Juga : Berkah Ramadan, Keluarga Besar ProKP Santuni Anak Yatim

“Akibat maraknya pe­nam­bangan liar di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) antara Jorong Kar­tini, Kenagarian Muaro Kia­wan, Kecamatan Gu­nung Tuleh hingga Jorong Rimbo Janduang dan Ba­tang Pasaman di Kecamatan Pasaman Pasaman Barat membuat masyarakat seki­tar­nya resah,” kata Walina­gari Muaro Kiawai itu.

Aktifitas penambangan emas tanpa izin, dan telah terjadi selama beberapa tahun terakhir. ini telah berlangsung selama hampir enam bulan. Melalui aksi nyata, melalui opera­sio­nalnya para penambang liar ini bukan hanya meng­guna­kan peralatan tradisional, tapi mereka juga meng­guna­kan Alat berat (exca­vator). Inilah yang membuat mas­ya­rakat Muara Kiawai resah.

Baca Juga : Pemkab Agam Raih Opini WTP untuk Ketujuh Kalinya

Keluhan masyarakat ten­tang makin maraknya penambangan liar sepanjang sungai tersebut bukan tidak beralasan. Sebab kalau di­biarkan akan berdampak pada rusaknya DAS dan lingkungan sekitar­nya. Bah­kan masyarakat mengi­ngat­kan, bila pemerintah setem­pat tidak segera menyikapi dan merealisasikannya ma­ka masyarakat akan menin­dak sendiri terhadap pe­nam­bang liar tersebut kare­na mereka tidak mem­pu­nyai izin yg termasuk dalam ilegal minning (tambang emas tanpa ada izin dari pihak yg berwenang) di Pa­sa­man Barat secara khusus. (h/gmz)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]