Pembangunan Terminal Anak Aia Dikebut


Selasa, 11 Agustus 2015 - 19:42:12 WIB
Pembangunan Terminal Anak Aia Dikebut

“Alhamdulillah, saat ini untuk pematangan lahan (land clearing) telah selesai. Selanjutnya tinggal pem­bangu­nan fisik, seperti yang saat ini sedang berjalan. Semoga saja, bisa selesai pada waktu yang kita ren­canakan,” ujar Mahyeldi.

Baca Juga : Cegah Penularan Covid-19, Lapas Padang Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Wako melanjutkan, un­tuk pembangunan fisik ter­minal pemko masih dalam proses menunggu anggaran dari pemerintah pusat. Se­ba­gai­mana, pemko me­nga­jukan anggaran sebesar Rp­40 mi­liar ke pemerintah pusat. Di samping itu, demi me­nun­jang operasional pe­m­bangunan terminal, akan meng­harus­kan jalan masuk dari Sim­pang Lubuk Buaya dan By­pass menuju terminal akan diperlebar menjadi 40 meter. Untuk pengerjaan ini, nanti dengan meng­gunakan APBD Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) senilai Rp 10 miliar.

“Dari usulan ke pusat, saat ini kita baru menerima Rp2,5 miliar. Dengan mi­nim­nya anggaran, juga di­harapkan keterlibatan inv­es­tor dalam pem­bang­u­nan penunjang nantinya. Kita berharap proses pe­m­bangu­nan terminal berjalan lancar dan tidak menemukan ken­dala sampai selesai. Di sam­ping itu, juga sangat di­ha­rapkan dukungan ma­sya­ra­kat setempat de­mi ke­lan­caran dan kenyamanan hi­ngga akhir pengerjaan ter­minal ini,” imbuh wako

Baca Juga : Jelang Lebaran, Perumda AM Padang Siagakan Petugas Lapangan

Sementara Kepada Dis­hub Kominfo Kota Padang, Rudi Rinaldi men­ye­but­kan, peninjauan walikota sehubungan ingin melihat secara langsung tentang pe­r­kembangan pembangunan fisik pematangan lahan dan pembangunan drainase di sekeliling Terminal Tipe A Anak Aia.

“Pada kesempatan ini, walikota melihat secara langsung  pembangunan fisik sudah dimulai, land clearing sudah dimulai. Mu­dah-mudahan dalam waktu dekat akan segera selesai,” ujarnya.

Lalu, terkait proses pe­nger­jaannya, kata Rudi, hi­ngga saat ini tidak menemui kendala yang cukup berarti, hanya jika terjadi hujan yang sedikit memperlambat pe­nger­jaan. Adapun untuk target pengerjaannya, di­harapkan September bisa selesai. Di mana, dengan besar biaya Rp4 miliar de­ngan luas lahan lebih ku­rang 4,5 hektar.

“Jadi pengerjaan tahun 2015 ada dua item, yaitu pembuatan drainase ke­liling dan land clearing. Untuk drainase, sekeliling terminal lebih kurang 1.700 meter dan untuk pe­ma­tang­an lahan seluas 4,5 hektar. Sebagai hasil saat ini, kita perkirakan pengerjaanya masih sekitar 30 sampai 35 persen. Mudah-mudahan akan terkejar hingga waktu yang ditentukan,” imbuhnya mengakhiri. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]