5 Kelurahan di Bungus Kebanjiran


Selasa, 11 Agustus 2015 - 19:54:53 WIB
5 Kelurahan di Bungus Kebanjiran

“Air mulai masuk ke rumah warga pada pukul 16.30 WIB, tapi telah me­nyusut pada 19.00 WIB, seiring hujan berhenti. Lima kelurahan yang terkena ban­jir antara lain Kelurahan Bungus Barat, Bungus Ti­mur, Bungus Selatan, Teluk Kabung Utara dan Teluk Kabung Tengah,” jelas Dedi.

Baca Juga : Tempati Rumah Dinas, Hendri Septa Buka Puasa Bersama Anak Panti Asuhan

Lebih lanjut ia jelaskan, proses evakuasi sempat dila­kukan kepada warga yang berada di daerah paling rawan, yaitu di kawasan Bungus Barat. Beberapa warga di kawasan tersebut dibawa ke lokasi yang lebih tinggi menggunakan perahu karet yang diturunkan oleh BPBD Kota Padang.

“Proses evakuasi sempat dilakukan, tepatnya di ka­wasan Bungus Barat, di ma­na ketinggian air mencapai se­pinggang orang dewasa. Tapi saat air telah surut, warga sudah kembali ke rumah masing-masing,” je­lasnya lagi.

Baca Juga : Di Depan Doni Monardo, Gubernur Rekomendasikan Pinago sebagai Penahan Abrasi

Dalam kejadian tersebut, BPBD Kota Padang me­nu­runkan 86 personil dan 9 perahu karet, sejumlah per­sonil dari Badan SAR Na­sional yang menurunkan 3 unit mobil, serta 100 lebih anggota Kelompok Siaga Bencana (KSB) setempat.

Sementara itu, Camat Bungus Teluk Kabung, Im­ral Fauzi kepada Haluan mengatakan, total kerugian yang diderita akibat banjir belum dapat ditaksir karena petugas terkait masih me­lakukan proses pendataan. Namun akibat banjir, satu jembatan darurat yang meng­hubungkan Ke­lurahan Bu­ngus Barat dan Bungus Ti­mur dinyatakan putus se­hingga menutup akses an­tar dua kelurahan ter­sebut.

Baca Juga : Ini Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah Tahun 2021 di Padang

“Kami sudah meng­hu­bungi Dinas Pekerjaan Umum (PU) te­rkait pu­tusnya jembatan darurat. Dinas PU mengaku segera merancang jembatan da­rurat baru di lokasi yang sama. Karena jembatan itu satu-satunya akses peng­hubung antara Bungus Barat dan Bungus Timur, sebab pem­bangunan jembatan uta­ma sedang berlangsung dan be­lum rampung,” kata Imral.

Selain putusnya jem­ba­tan darurat, lanjut Imral, dampak banjir lainnya yaitu jebolnya irigasi Kapalo Ban­da dan tumbangnya 1 tiang listrik di Kelurahan Bungus Barat, 3 titik kecil longsor terbentuk di Ke­lurahan Bu­ngus Selatan dan 1 pohon kelapa tumbang menimpa rumah warga di Kelurahan Bungus Timur. (h/mg-isq)

Baca Juga : Alhamdulillah, Perumda AM Padang Gratiskan Air Masjid dan Musala Selama Ramadan

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]