BNN Bongkar Sindikat Narkoba Internasional


Rabu, 12 Agustus 2015 - 18:53:47 WIB
BNN Bongkar Sindikat Narkoba Internasional

Dikatakannya, adapun tu­juh orang tersangka nar­koba jaringan internasional ini, tiga diantaranya me­rupakan warga negara Ma­laysia dengan inisial AM, IS dan FR. Sedangkan empat orang lainnya merupakan warga Indonesia dengan inisial ZA, FA, FI dan AB. Tujuh tersangka ini tidak bisa mengelak lagi saat dila­kukan penangkapan.

Baca Juga : Pantai Salido Pesisir Selatan jadi Favorit Anak Muda

“Proses penangkapan ketujuh tersangka jaringan narkoba internasional itu berlangsung di perumahan BTN Asri. Proses penang­kapan sendiri petugas tidak mengalami kesulitan, ter­sangka sendiri juga tidak melakukan perlawanan, ka­re­na ditemukan barang bukti sabu-sabu sebanyak 4 ki­logram,” jelasnya.

Dari pengakuan para tersangka narkoba jaringan internasional ini, bahwa barang haram itu nantinya akan diedarkan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Namun niat itu kebu­ru ketahuan petugas, hingga akhirnya berhasil ditangkap bersamaan barang bukti berupa sabu-sabu paket be­sar seberat 4 kilogram.

Baca Juga : Tempat Wisata Ditutup, Warga Padati Taman Kota Siak

“Itu barang katanya mau dikirim ke Kota Medan. Yang jelasnya kita bersama tim dari BNN Pusat tengah memproses ketujuh ter­sang­ka narkoba jaringan inter­nasional. Sedangkan barang bukti sabu-sabu itu sendiri ditemukan anggota kita da­lam kondisi terbungkus dua bagian ukuran paket besar,” jelasnya.

Sedangkan kronologi perjalanan barang haram itu dari Malaysia masuk ke Kota Dumai, kata dia, dibawa oleh tersangka AM, IS, dan FA. Ketiga orang ini mem­bawa sabu dari Malaysia dengan menggunakan speed­boat. Mereka berangkat pu­kul 20.00 WIB, dan tiba lagi di Kota Dumai sekitar pukul 06.00 WIB.

Selanjutnya FA, ZA dan FI warga Aceh ditelepon oleh AB yang berperan seba­gai penghubung ke enamnya, mereka berangkat dari Aceh dengan menggunakan dua mo­bil rental, karena men­dapat arahan akan membawa orang asing. “Hari Senin (10/8) malam kemarin, keti­ganya menginap di hotel Srikandi,” jelasnya.

Untuk proses lebih lan­jut dan guna membongkar jari­ngan narkoba inter­na­sional yang masuk di wilayah Indo­nesia, kata dia, kini pe­tugas BNN Pusat dan Ang­gota Pol­res Dumai mela­kukan peme­riksaan secara intensif kepada tujuh orang yang diamankan dalam pe­nang­kapan narkoba berlang­sung.

“Anggota kita bersama petugas BNN Pusat masih melakukan penyelidikan terkait jaringan mereka. Me­r­e­ka juga sedang di­periksa in­tensif oleh BNN. Mudah-mudahan jaringan narkoba in­ter­nasional ini bisa ter­bongkar dan bisa me­nang­kap bos besarnya. Kita akan komit menuntaskan masalah narkoba ini,” pungkas Ka­pol­res Dumai AKBP Su­woyo. (hr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]n.com