Bawaslu: Aduan Terhadap NA Bukan Pelanggaran


Rabu, 12 Agustus 2015 - 19:06:15 WIB
Bawaslu: Aduan Terhadap NA Bukan Pelanggaran

Sebelumnya, sejumlah masyarakat melaporkan tin­dakan pelanggaran Pasal 71 ayat 2 dan 4 UU Pilkada yang dilakukan Bupati Pes­sel Nasrul Abit. Yaitu peng­gantian pejabat jelang enam bulan sebelum jabat­annya berakhir. Aduan yang sama ju­ga disampaikan oleh Fo­rum Kajian Sosial (Forkas) Sumbar terhadap Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Baca Juga : Meski Ditutup, Pantai Padang Tetap Dikunjungi Wisatawan

Namun, bakal calon Gu­ber­nur Sumbar tersebut membantah tuduhan tentang pelantikan pejabat yang dilakukannya enam bulan sebelum masa jabatan be­rakhir. Hal ini di­sam­pai­kannya saat meng­klarifikasi laporan dugaan pelanggaran Undang-undang (UU) yang dila­porkan oleh Forum Ka­jian Sosial (Forkas) Sumbar, Rabu (12/8).

Tidak hanya itu, dalam klarifikasinya Irwan juga menyayangkan sikap salah seorang PNS yang mencoba bersikap tidak netral. Hal ini terli­hat dari upaya pen­za­liman yang coba dila­kukan dengan cara meng­gandakan do­kumen peme­rintahan ber­­kaitan dengan pelan­tikan pe­jabat di ling­kungan Pemprov Sumbar untuk menjatuhkan seseo­rang. Dan kemudian, do­kumen tersebut diserah­kan ke pelapor dan menjadi alat bukti bagi pelapor.

Baca Juga : Manambang, Tradisi Mencari THR saat Lebaran di Padang

“Laporan yang diajukan tersebut tidak benar, dan hal ini adalah upaya-upaya poli­tik dan penzaliman pada pasangan IP-NA untuk maju pada Pilgub karena si pela­por lengkap membawa surat lengkap termasuk SK pe­lantikan, yang hanya ada di pejabat kami,” ungkapnya.

Menurutnya pejabat ese­lon dua tersebut telah ber­laku tidak independen ter­kait ada upaya untuk pem­batalan pencalonan dirinya.

“Untuk sanksi biarkan saja pejabat seterusnya yang akan memproses karena masa jabantan saya akan habis pada 15 Agustus 2015 ini,” ujarnya.

Bawaslu sendiri belum memutuskan perkara aduan terhadap IP ini. Pihaknya akan melakukan kajian terle­bih dahulu terhadap seluruh dokumen termasuk SK pe­lantikan. Diperkirakan Jum­at (14/8) pihaknya su­dah mengeluarkan keputusan untuk klarifikasi terhadap IP. (h/mg-rin)


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]