PAW Eri Zulfian Tak Kunjung Dinaikkan


Rabu, 12 Agustus 2015 - 19:06:50 WIB
PAW Eri Zulfian Tak Kunjung Dinaikkan

“Mengenai saudara Eri Zulfian,  kita telah mem­bicarakan dengan  pimpinan untuk pemberhentian dan kita minta segera dinaikkan PAW.   Untuk ini pimpinan telah menyurati  fraksi dan partai bersangkutan,” kata Amora.

Baca Juga : Ada Pos Pelayanan Prokes di Pasar Raya Padang

Kemudian, katanya, untuk proses selanjutnya partai yang berhak memutuskan  menaikkan PAW. Diakui Amora  saat ini BK menunggu tindaklanjut  hal tersebut dilakukan oleh partai. Sebab, usulan pemberhentian telah dilakukan cukup lama, yakninya pada akhir tahun 2014 lalu.

“Hal itu kita sampaikan akhir tahun 2014. Sampai sekarang  kita memang belum menerima kabar untuk penaikan PAW tersebut,” katanya.

Baca Juga : Jadwal Pendaftaran CPNS 2021 di Padang Belum Jelas

Kendati demikian, tambah Amora,  karena per­soalan ini sudah terlalu lama,  dalam waktu dekat   BK akan menanyakan lagi pada pimpinan DPRD  tentang sampai mana prosesnya. “Kami akan tanyakan lagi pimpinan agar ditin­daklanjuti kembali ke fraksi dan partai,” pungkasnya.

Sekaitan dengan ini, Plt Sekwan DPRD Sumbar Raflis pada wartawan beberapa waktu lalu mengatakan,  berdasarkan  putusan Kemendagri  yang keluar pada Januari lalu,  Eri Zulfian telah diberhentikan sementara sebagai anggota di DPRD Sumbar.

Baca Juga : Dilepas Rektor UIN IB Padang, Jenazah Masnal Zajuli Dimakamkan di Tanah Datar

Namun untuk PAW, menurutnya, DPRD tak bisa berbuat banyak untuk  itu.  Ini karena, berdasarkan UU No 2 Tahun 2011 seorang anggota DPRD hanya  bisa dihentikan karena tiga hal, pertama meninggal, kedua mengundurkan diri, ketiga, memang diberhentikan oleh partai.

Diberitakan sebelumnya, Pengadilan Tipikor Padang telah menjatuhkan hukuman 18 bulan penjara kepada kader Demokrat, Eri Zulfian.  Mantan Ketua DPRD Padang Pariaman tersebut tersandung bon makan minum fiktif saat menjabat sebagai Ketua DPRD Sumbar. Sementara itu, partai Demokrat melalui Ketua DPD Demokrat Sumbar, Josrizal Zain kepada Haluan beberapa kali menyebutkan, pihaknya telah mengupayakan PAW dengan menyurati DPP pusat. Namun yang disayangkan sampai sekarang PAW Eri Zulfian masih belum dilaksanakan. (h/mg-len)

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan Paket Sembako untuk Warga Sekitar TPA Air Dingin

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]