Mensesneg: Calon Menteri Sudah Lama Dipantau


Kamis, 13 Agustus 2015 - 19:20:23 WIB
Mensesneg: Calon Menteri Sudah Lama Dipantau

Presiden Joko Widodo mengganti lima menteri dan seorang pejabat setingkat menteri. Pelantikan mereka dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8/2015) siang. Pada awal pembentukan Kabinet Kerja sekitar 10 bulan lalu, Jokowi melibatkan KPK menelusuri rekam jejak calon menteri sebelum mengumumkan susunan kabinet. Hal itu untuk memastikan para menterinya “bersih”. Cara yang sama tak dilakukan Jokowi saat merombak dan mengangkat menteri baru.

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Pimpinan sementara KPK Indriyanto Seno Adji mengatakan, Jokowi sebelumnya tidak meminta KPK untuk menelusuri rekam jejak mereka yang akan masuk Kabinet Kerja. “Dan bukan sesuatu yang imperatif,” ujar dia kemarin. Indriyanto menganggap permintaan Presiden ke KPK untuk menelusuri rekam jejak para calon menteri bukanlah suatu kewajiban. Menurut dia, penyusunan menteri merupakan hak prerogatif Presiden.

Mereka yang dilantik dan menempati pos baru di antaranya Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan. Luhut akan merangkap jabatan sebagai Kepala Staf Ke­presidenan. Ekonom Rizal Ramli dilantik sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman, menggantikan posisi Indroyono Soesilo. Thomas Trikasih Lembong sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Rachmat Gobel. Sementara Sofyan Djalil, yang sebelumnya menjabat Menko Perekonomian, dilantik sebagai Kepala Bappenas menggantikan Andrinof Chaniago.

Baca Juga : Perkuat Infrastruktur Digitalisasi Partai, Anis Matta Resmikan Gelora Media Centre

Adapun mantan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution dilantik sebagai Menko Perekonomian menggantikan Sofyan. Kemudian, Pramono Anung menjadi Sekretaris Kabinet menggantikan Andi Widjajanto. (h/trn)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]