Masih Dipercaya Menyajikan Menu Jemaah Haji


Jumat, 14 Agustus 2015 - 18:01:50 WIB
Masih Dipercaya Menyajikan Menu Jemaah Haji

Di Indonesia awalnya ada 55 Edotel SMKN kota dan kabupaten yang menjadi perhatian serta menerima bantuan dari Pemerintah Pusat. Namun kini, hanya bersisa 5 Edotel di kota dan kabupaten yang masih eksis melakukan pendidikan un­tuk siswa-siswi serta mela­yani tamunya.

Baca Juga : Kajur Teknik Sipil PNP Sebut Kampus Merdeka Mendobrak Tembok Antar Disiplin Keilmuan

Di Kota Padang terdapat dua Edotel, yaitu Edotel yang dikelola SMKN 9 dan SMKN 6. Setelah itu Edotel di Kota Surabaya, Edotel di Malang, dan Edotel di Palu, Sulawesi Tengah.

“Ya, edotel ini memang lebih difokuskan untuk me­nunjang pendidikan siswa karena kategorinya Edotel atau hotel pelatihan. Namun tidak ditutup kemungkinan, para siswa-siswi bisa me­nikmati dunia kerja yang sebenarnya dalam dunia kerja perhotelan,” katanya.

Baca Juga : Yah.., Beginilah Prostitusi Online di Kota Pekanbaru

Banyak pendidikan yang bisa diamati dan dinik­mati­nya, ketika melayani tamu hotel. Antara lain etika, ramah, dan seni cara ber­komunikasi yang baik. Jadi, jika mereka mampu mela­yani tamu dengan baik, ma­ka dampaknya langsung dira­sakan oleh tamu tersebut.

Raymon juga men­jelas­kan, bahwa Edotel SMKN 9 Padang kini memiliki 21 kamar dengan tarif yang cukup murah. Kemudian SMK Negeri 9 juga diper­caya oleh maskapai pener­bangan PT Garuda Indo­nesia Airlinesuntuk mela­yani catering makanan bagi para jemaah haji di atas pesawat terbanguntuk em­ber­kasi Padang sejak tahun 2006, hingga tahun 2014 melalui kerjasama dengan Aero Catering Service (ACS) Jakarta.

Baca Juga : Museum Raja Ali Haji, Sumber Ilmu Generasi Milenial

“Sebagai penyedia menu penerbangan haji untuk ja­ma­ah selama dalam per­jalanan di pesawat udara pada embarkasi Padang, Sumatera Barat,” katanya.

Penunjukkan untuk me­nye­diakan menu penerba­ngan haji ini, untuk SMKN 9 Padang sudah tahun ke­delapan tahun 2014 ini. SMK Negeri 9 Padang rutin menjadi penyedia menu pe­ner­bangan haji untuk dikon­sumsi jamaah selama dalam perjalanan menunju tanah suci Makkah, sebut Raymon.

Baca Juga : Para Ulama Besar Terdahulu juga Pernah Ditangkap Penguasa Zalim, Begini Kisahnya

Dalam menyiapkan menu jamah haji tersebut dikerjakan langsung oleh siswa-siswi SMK Negeri 9. Pada musim haji, setiap hari disiapkan 1.500 porsi menu yang terdiri dari nasi, lauk, sayur, buah dan snack, yang diberikan kepada jamaah yang sedang berada di ruang pesawat.

Selama dalam perja­lanan dari Kota Padang menuju Mekkah dan sebaliknya, jamaah menikmati dua kali makan dan satu kali ma­kanan ringan.

Makanan yang dikon­sumsi para jamah haji terse­but tetap segar, seperti baru saja diangkat dari kompor, mengeluarkan asap dan aro­ma sedapnya langsung meng­hampiri hidung, sehingga menimbulkan selera makan. Hidangan dari siswi SMKAN 9 Padang telah dinikmati para jamaah haji Sumatera Barat.

Untuk mengan­tisi­pasi agar makanan ter­sebut tetap segar dikon­sumsi, kata Ray­mon, se­muanya melalui pro­ses yang mutakhir serta me­lalui teknologi, dan ada ketentuannya.

“Setiap makanan yang telah masak, langsung di­masukkan ke dalam kema­san yang telah disediakan, kemudian ditutup rapat, dan setelah itu kemudian dibe­kukan. Ketika jemaah haji akan berangkat, tugas per­tama pramugari dan pra­mugara pesawat Garuda itu adalah memasukkan kema­san makanan ke dalam pe­ma­nas di pesawat tersebut,” jelasnya.

Saat jam makan ucap Raymon, pramugari mem­bagikan nasi kepada para jemaahyang berada dalam ruang pesawat itu. Ketika dibuka, asap mengepulkan hawa hangat. Menunya an­tara lain Ikan asam pedas, ayam gulai, rendang, sayur buah dan kue makanan yang disajikan. Menu makanan ini disesuaikan dengan lidah dan selera jamaah Sumatera Barat. Tidak kalah penting­nya kualitas juga nomor satu.

Sekolah kejuruan pari­wi­sata (vocational hight school) menghasilkan tamatan yang bisa  bekerja, melanjutkan atau wirausaha (BMW), membuka Kom­petensiKeahlian: Ako­mo­dasi Perhotelan, Jasa Boga danPatiseri. Ditunjang pula dengan standar mutu mana­jemen ISO 9001:2000 dari badan sertifikasi TUV Nord dan Sertifikat Akreditasi A dari Badan Akreditasi Na­sional.***

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]