KPK Periksa PNS Kemenpar


Jumat, 14 Agustus 2015 - 19:22:34 WIB
KPK Periksa PNS Kemenpar

“Dia akan dimintai kete­rangan sebagai saksi untuk tersangka JW (Jero Wa­cik),” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha saat dikonfirmasi Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Dugaan menguat Danoe akan ditelisik terkait dugaan korupsi yang dilakukan Jero Wacik saat menjabat sebagai Menbudpar (saat ini Ke­men­par). Diketahui, Jero Wacik pertama ditetapkan sebagai tersangka dugaan pe­me­rasan dalam sejumlah ke­giatan di Kementerian ES­DM saat menjabat sebagai menteri periode 2011-2013, pada 3 September 2014. Dia diduga memeras untuk mem­­perbesar dana ope­rasional menteri (DOM).

Dalam pengem­bangan­nya, lembaga antirasuah kembali menetapkan Jero menjadi tersangka dugaan korupsi saat menjadi Men­teri Kebudayaan dan Pari­wisata. Kini Jero telah men­dekam di Rutan Cipinang, Jakarta Timur.

Baca Juga : Perkuat Infrastruktur Digitalisasi Partai, Anis Matta Resmikan Gelora Media Centre

Menteri di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu sendiri dijerat dengan pasal 12 huruf e atau Pasal 23 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana yang telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pem­berantasan Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 421 KUHPidana.

Sedangkan dalam kasus dugaan korupsi di Kemen­budpar merupakan pe­ngem­bangan dari kasus sebe­lum­nya. Jero Wacik dijerat Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Un­dang-Undang Nomor 31 Ta­hun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Un­dang-Un­dang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pem­berantasan Tin­dak Pidana Korupsi. (h/inl)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]