Polri Tingkatkan Pengamanan 17 Agustus


Jumat, 14 Agustus 2015 - 19:23:43 WIB
Polri Tingkatkan Pengamanan 17 Agustus

Terkait penangkapan ter­duga teroris di Solo, man­tan Wakapolri ini me­ngung­kapkan bahwa pe­nang­­kapan tiga orang ter­du­ga teroris tersebut dila­ku­kan berdasarkan pe­nye­lidikan mendalam oleh pihaknya.

Baca Juga : Survei IPO: AHY Masuk Lima Besar Tokoh Potensial di Pilpres 2024, Anies Teratas

“Kita lakukan penye­lidikan kemudian kita de­tek­si ada pembelian bahan-bahan peledak. Maka, kita indentifikasi para pelaku ini siapa saja orangnya, kemudian kita lakukan penangkapan,” tuturnya.

Saat disinggung ke­mung­­­kinan kelompok ter­duga teroris tersebut lebih dari tiga orang yang sudah diamankan saat ini, Badro­din pun tak menampiknya.

Baca Juga : Pakar Analisis Ucapan Moeldoko 'Diperintah Jokowi': Tak Ubahnya Unjuk Kekuatan

“Mereka memang su­dah merencanakan mem­buat bom. Ya, masih ada be­berapa lagi, ya (pela­kunya),” tegasnya.

Diberitakan sebe­lum­nya Polri memastikan ke­lom­pok teroris yang ditang­kap oleh Detasemen Khu­sus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri di Kampung Losari, Semanggi, Pasar Kliwon, Solo pada Rabu (12/8/2015) kemarin di­ken­dalikan oleh salah satu jaringan kelompok radikal ISIS.

Baca Juga : Berikut Daftar Pengurus Masyumi Reborn: Ahmad Yani Ketum, Alfian Tanjung Waketum

Adapun penangkapan kelompok teroris Solo ter­sebut dilakukan pada hari Selasa, 12 Agustus 2015 pukul 12.30 WIB. Tiga teroris tersebut adalah Iba­d­durahman alias Ali Ro­bani alias Ibad (29) sebagai perakit bom dan yang me­nga­tur aktivitas kelom­poknya dengan jaringan ISIS di Suriah.

Dua lainnya, Yus Kar­man (31) sebagai perakit bom. Sedangkan, Giyanto (30) menjadi pihak penye­dia sarana dan prasarana penyimpanan serta pera­kitan bahan peledak.

Baca Juga : AHY Temui Ketum PP Muhammadiyah di Yogyakarta, Bahas Soal Ancaman Demokrasi

Berdasarkan kete­ra­ngan­ para tersangka, lan­jutnya, bom - bom tersebut ditujukan untuk mengincar lokasi-lokasi tertentu yang ada di kawasan Solo. Tar­getnya antara lain kuil Budha Kepunton sebab terkait isu rohingnya, Pol­sek Pasar Kliwon dan kan­tor Polisi di wilayah Sura­karta, juga gereja-gereja di wilayah Surakarta. (h/inl)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]