Polri Tingkatkan Pengamanan 17 Agustus


Jumat, 14 Agustus 2015 - 19:23:43 WIB

Terkait penangkapan ter­duga teroris di Solo, man­tan Wakapolri ini me­ngung­kapkan bahwa pe­nang­­kapan tiga orang ter­du­ga teroris tersebut dila­ku­kan berdasarkan pe­nye­lidikan mendalam oleh pihaknya.

“Kita lakukan penye­lidikan kemudian kita de­tek­si ada pembelian bahan-bahan peledak. Maka, kita indentifikasi para pelaku ini siapa saja orangnya, kemudian kita lakukan penangkapan,” tuturnya.

Saat disinggung ke­mung­­­kinan kelompok ter­duga teroris tersebut lebih dari tiga orang yang sudah diamankan saat ini, Badro­din pun tak menampiknya.

“Mereka memang su­dah merencanakan mem­buat bom. Ya, masih ada be­berapa lagi, ya (pela­kunya),” tegasnya.

Diberitakan sebe­lum­nya Polri memastikan ke­lom­pok teroris yang ditang­kap oleh Detasemen Khu­sus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri di Kampung Losari, Semanggi, Pasar Kliwon, Solo pada Rabu (12/8/2015) kemarin di­ken­dalikan oleh salah satu jaringan kelompok radikal ISIS.

Adapun penangkapan kelompok teroris Solo ter­sebut dilakukan pada hari Selasa, 12 Agustus 2015 pukul 12.30 WIB. Tiga teroris tersebut adalah Iba­d­durahman alias Ali Ro­bani alias Ibad (29) sebagai perakit bom dan yang me­nga­tur aktivitas kelom­poknya dengan jaringan ISIS di Suriah.

Dua lainnya, Yus Kar­man (31) sebagai perakit bom. Sedangkan, Giyanto (30) menjadi pihak penye­dia sarana dan prasarana penyimpanan serta pera­kitan bahan peledak.

Berdasarkan kete­ra­ngan­ para tersangka, lan­jutnya, bom - bom tersebut ditujukan untuk mengincar lokasi-lokasi tertentu yang ada di kawasan Solo. Tar­getnya antara lain kuil Budha Kepunton sebab terkait isu rohingnya, Pol­sek Pasar Kliwon dan kan­tor Polisi di wilayah Sura­karta, juga gereja-gereja di wilayah Surakarta. (h/inl)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 13 Desember 2019 - 17:15:31 WIB

    Demo di Mabes Polri, PA 212 'Usik' Lagi Ahok

    Demo di Mabes Polri, PA 212 'Usik' Lagi Ahok JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Massa Persaudaraan Alumni (PA) 212 berunjuk rasa di depan Mabes Polri. Mereka menuntut polisi mengusut tuntas kasus dugaan penistaan agama yang melibatkan Sukmawati Soekarnoputri dan Ahmad Muwafiq .
  • Kamis, 13 Juni 2019 - 13:36:16 WIB

    Sidang di MK Digelar, 9.311 Personel TNI-Polri Jaga Jatim

    Sidang di MK Digelar, 9.311 Personel TNI-Polri Jaga Jatim SURABAYA, HARIANHALUAN.COM -- Jelang pelaksanaan sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019 di Mahkamah Konstitusi, Polda Jawa Timur (Jatim) menyiagakan ribuan personel gabungan untuk melakukan pengamanan sejuml.
  • Jumat, 24 Mei 2019 - 15:59:12 WIB

    Prabowo Gugat Pilpres, 800 Personel TNI-Polri Amankan MK

    Prabowo Gugat Pilpres, 800 Personel TNI-Polri Amankan MK JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Gatot Eddy Pramono mengatakan pihaknya menambahkan jumlah personel keamanan di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) terkait rencana pendaftaran gugatan hasi.
  • Selasa, 30 April 2019 - 22:05:44 WIB

    30 Personil Polri dan TNI Solsel Disiagakan

    30 Personil Polri dan TNI Solsel Disiagakan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Kapolres Solok Selatan (Solsel), AKBP Imam Yulisdianto bakal melakukan optimalisasi dalam pengamanan rekapitulasi surat suara Pemilu tingkat kabupaten yang diagendakan pada Jumat (3/5). Setid.
  • Rabu, 19 April 2017 - 01:32:46 WIB
    DISKRIMINATIF DI PILKADA DKI

    KSHUMI Desak Kapolri Cabut Maklumat

    PADANG, HALUAN-Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian telah mengeluarkan perintah kepada seluruh jajaran Kapolda di Jawa dan Sumatera untuk mengeluarkan larangan pengerahan massa dalam jumlah besar, jelang pen.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM