Merdeka!


Jumat, 14 Agustus 2015 - 19:25:19 WIB
Merdeka!

Mereka tulus dan ikhlas. Yang ada di dalam pikiran dan jiwa mereka adalah; ‘’Merdeka!” Mereka ingin para penjajah yang memiskinkan dan membodoh-bodohi rakyat Indonesia dengan politik pecah belahnya angkat kaki dari bumi pertiwi. Alhamdulillah, kemerdekaan itu diproklamirkan 17 Agustus 1945 oleh Soekarno-Hatta.

Baca Juga : Tertarik Beasiswa LPDP, Ini Syarat dan Cara Pendaftarannya

Kemerdekaan wajib disyukuri. Kemerdekaan yang hampir berusia tiga perempat abad adalah berkat rahmat Allah SWT, sebagaimana yang tertuang di dalam Undang Undang  Dasar (UUD) Tahun 1945. Kemerdekaan yang dicapai setelah dijajah 358,5 tahun (3,5 abad), selain hasil perjuangan para pahlawan, juga karena izin dan ridha Sang Maha Pencipta.

Meskipun usia kemerdekaan negara tercinta ini belum sebanding hasilnya dengan harapan dan cita-cita rakyat Indonesia, namun semuanya wajib disyukuri. Memang lebih dari 30 juta rakyat Indo­nesia masih hidup miskin dan puluhan juta lainnya berpotensi menuju miskin. Berikutnya jurang antara yang si miskin dan si kaya makin lebar dan dalam,  namun tetap saja kita wajib bersyukur.

Baca Juga : Aa Umbara Tersangka, Hengky Kurniawan Ditunjuk Jadi Plt Bupati

Mengapa kita wajib bersyukur atas kemerdekaan ini? Padahal cita-cita dan harapan atas kemerdekaan itu masih belum terwujud. Sejenak kita perlu juga mengingat betapa banyaknya negara-negara lain yang hari-harinya dikacaukan oleh suasana peperangan saudara atau juga dengan negara lainnya.

Seperti Palestina yang hingga kini belum juga merdeka, Irak yang tercabik-cabik oleh perang saudara, begitu pula Mesir, Siria, Afganistan, Ukraina, Pakistan dan banyak negara lainnya. Kita juga tahu betapa dahsyatnya kemiskinan yang dialami rakyat sejumlah negara-negara miskin di benua Afrika dan sebagian negara Asia, seperti Banglades.

Baca Juga : Cegah Warga Nekat Mudik, Polri Gelar Operasi Sebelum 6 Mei

Sementara kita rakyat Indonesia hidup dengan  tanah yang subur dan alam yang kaya raya. Kandungan emas, gas, minyak bumi, batu bara, nikel, bijih besi, batu mulia  dan berbagai  kekayaan tambang lainnya terbersut dari bumi Indonesia. Semua itu patut kita syukuri kepada Allah SWT.

Ke depan, Bangsa Indonesia tentu harus lebih baik lagi. Semoga Indonesia lebih maju. Silakan saja apakah yang memimpin Indonesia lima tahun ke depan Jokowi-JK atau Prabowo-Hatta, yang terpenting Indonesia mesti lebih maju dan rakyat rakyatnya lebih sejahtera lagi. Mari isi kemerdekaan RI dengan rasa cinta dan rasa bangga kepada NKRI. **

Baca Juga : Inilah Jam Kerja ASN pada Bulan Ramadan 1442 Hijriah

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]