Tuanku Imam Bonjol Muncul di Kantor Bupati Pasaman


Senin, 17 Agustus 2015 - 18:51:24 WIB
Tuanku Imam Bonjol Muncul di Kantor Bupati Pasaman

Selain menampilkan pah­­lawan nasional yang me­rupakan putra daerah Pasa­man asal Bonjol itu, juga ditampilkan tari simuntu, suatu pertunjukan yang meng­gambarkan kisah per­lawanan masyarakat dalam menghadapi kaum penja­jahan, tari gelombang de­ngan menggunakan tombak bambu, dan tari rantak kudo.

Baca Juga : Selama Larangan Mudik, Sebanyak 300 Kendaraan Disuruh Putar Balik di Sumbar

Pelaksanaan upacara HUT RI ke-70 berjalan sukses dan lancar dengan cuaca yang cerah di langit Pasaman. Bupati Pasaman Benny Utama menyebutkan, memaknai hari kemer­de­kaan negeri ini, harus disi­kapi dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan positif yang berguna bagi kemajuan bangsa dan negara.

Saat ini negara sudah merdeka, yang mungkin penjajahan dengan kontak fisik tidak ditemukan lagi. Namun, bersaing dalam bi­dang ekonomi, sosial, bu­daya dan pemikiran tetap berjalan. Apalagi dengan adanya kebijakan regional, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang menunjukan persaingan ketat untuk men­dapatkan sumber-sumber penghidupan.

Baca Juga : Dibangun dalam Waktu Sangat Singkat, Masjid Ihsan Sungai Patai Sudah Dibuka

Di Kabupaten Pasaman sendiri, kemerdekaan ini dimaknai dengan meng­upa­yakan masyarakat untuk mampu berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah dengan daerah lain. Program yang digencarkan oleh pe­me­rintah daerah, kata Ben­ny Utama, seperti meng­gencarkan pendidikan gratis 12 tahun yang telah jalan dua tahun belakangan ini, serta membangun infrastruktur ke jorong-jorong sehingga masyarakat terbebas dari keterisolasian.

Sebelum upacara dige­lar, Bupati Pasaman juga melakukan upacara penye­rahan remisi di Rutan Lu­buk Sikaping. Pada penye­rahan remisi tahun ini, seba­nyak 2 orang bebas, 53 orang dasawarsa dapat remisi umum 54 orang. Dari 53 orang penerima remisi dasa­warsa, sekitar 44 orang ma­sih menunggu Surat Kepu­tusan (SK) dari Kemen­kumham. (h/col)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]