118 Napi Dapat Remisi, Dua Langsung Bebas


Senin, 17 Agustus 2015 - 18:51:49 WIB
118 Napi Dapat Remisi, Dua Langsung Bebas

Sementara itu,  Dandim 0306/50 Kota, Letkol Inf. Heri  Sumitro, S.Pd, Senin, pukul 00.00 WIB, Minggu malam memimpin upacara malam renungan suci, mem­berikan penghormatan kepa­da arwah pahlawan dan pe­juang di Taman Makam Pah­lawan Kusuma Bangsa  Paya­kumbuh, bersama kepala daerah kedua daerah dan anggota Muspida serta pim­pinan DPRD dan SKPD serta anggota TNI/Polri.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Upacara HUT RI, juga diikuti Wawako H. Suwan­del Muchtar,  Sekdako H. Benni Warlis, Dandim 0306/50 Kota Heri Sumitro,  Kajari Hasbih, SH, MH, Kapolresta AKBP Yuliani, SH,  Dan Yonif 131/BS,  Letkol In. Mujib, Kepala Pengadilan Agama Drs. H. Arinal, Kakankemenag H. Asra Faber, Kasubdanpom  Alif,   Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi,  Asisten setdako, pimpinan SKPD, TNI/Polri, Korpri, maha­siswa, pelajar, pengurus or­mas, orpol, OKP dan LSM.

Selain di Kubu Gadang,  upacara peringatan HUT RI di Payakumbuh, juga ber­lang­sung diseluruh sekolah, kan­tor perbankan dan keca­matan. Suasana hari kemer­dekaan di Payakumbuh, cukup meriah dan semarak dari tahun sebelumnya. Sore harinya, Wawako Suwandel Muchtar, tampil sebagai Irup saat penurunan bendera merah putih.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Anggota Paskibraka yang diasuh Serma Aidal dari Kodim 0306/50 Kota, tampil gagah bersama ang­gota TNI/Polri dalam men­ja­lankan tugasnya me­naik­kan dan menurunkan ben­dera. “Kami  korp pelatih ber­sama PPI (Purna Paski­braka Indonesia) Paya­kum­buh bangga dan senang,  semua anggota Paskibraka menjalan tugasnya dengan baik,” ucap Aidal.

Usai upacara, Walikota Riza Falepi secara simbolis menyerahkan Satya Lencana Purnakarya kepada 6 dari 154 PNS terbaik  yang telah mengabdi antara 10, 20 dan 30 tahun di jajaran Pemko Payakumbuh. Dari lapangan Kubu Gadang, untuk selan­jutnya, Walikota Riza Falepi bersama Wakil Walikota Suwandel Muchtar, Ketua DPRD Dt. Parmato Alam, dan anggota Muspida  beser­ta isteri berkunjung ke La­pas Kelas II B Payakumbuh, mengikuti acara penyerahan remisi kepada 118 napi dari 237 anak binaan yang men­diami Lapas.

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

Kepala Lapas Paya­kum­buh, R. Sigit Dwi Satrio Wibowo,  dalam laporannya menyebut, pemberian re­misi kepada napi bervariasi dari 15 hari sampai 5 bulan. “Tercatat dua  napi yang langsung bebas dengan pem­berian remisi tersebut. Yai­tu, Rudi Roka (remisi 2 bulan) dan Romi Chandra (15 hari),” ungkap Sigit.

Sedangkan, Wakil Wali­ko­ta Suwandel Muchtar ber­sa­ma Sekdako Benni Warlis, dan pimpinan SKPD terkait, me­lakukan anjang sana ke ru­mah mantan pejuang ke­mer­­dekaan, di Kelurahan Pa­yobasuang, Payakumbuh Ti­mur dan Kelurahan  Daya Ba­­ngun, di Payakumbuh Barat.

Baca Juga : Gubernur Minta Sumbar Jangan Lagi Masuk Zona Merah Covid-19

Di GOR Singa Harau

Dalam  pada itu, upacara peringatan HUTRI ke 70 di GOR Singa Harau, Sari­lamak, Senin (17/8) ber­langsung hikmad. Upacara peringatan detik-detik pro­klamasi itu dipimpin lang­sung oleh Bupati Limapuluh Kota, Alis Marajo.

Bertindak sebagai ko­mandan upacara Kapten Al Asep dari kodim 0306/50 Kota dan teks proklamasi dibacakan Ketua DPRD Syafaruddin Dt. Bandaro Rajo, SH. Sementara pem­bawa bendera oleh Rattu Vemila Aina dari SMA N 1 Harau dan penggerek ben­dera masing-masingnya Rah­mad Regizul Putra dari SMK PP Padang Mangateh. Akrisian Jaya Tamal SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh, serta Teguh Sanugrah asal SMAN 1 Harau.

Sedangkan pada penu­runan bendera dengan ko­mandan upacara Iptu Yoni Hendra dari Polres Lima­puluh Kota. Usai upacara dilanjutkan dengan penye­rahan penghargaan Satya Lencana Karya Satya dan PNS teladan  serta camat berprestasi  di Kabupaten Limapuluh Kota. Ikut ha­dir dalam upacara itu Wa­kil Bupati Asyirwan Yunus dan sejumlah undangan lainnya.

Dalam rangkaian HUT RI tersebut Bupati juga menyerahkan remisi bagi 46 orang narapidana dan anak pidana di Lapas Anak Tan­jung Pati dengan potongan hukuman selama 10 hari sampai 7 bulan. Selain itu juga remisi bagi 28 orang napi pada Cabang Rutan Suliki dengan besarnya re­misi 10 hari sampai 8 bulan. (h/zkf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]