Jalan Sehat ‘BUMN Hadir untuk Negeri’ Semarak


Senin, 17 Agustus 2015 - 18:57:37 WIB
Jalan Sehat ‘BUMN Hadir untuk Negeri’ Semarak

Dengan memimpin yel-yel bersama Dirut PT Semen Padang, Benny Wendry dan Direktur Keuangan Perum Bulog, Irianto Hutagaol, Mahyeldi mengucapkan, “70 Tahun Indonesia Mer­deka, Ayo Ker­ja­...Kerja­...Kerja...” Kemu­dian di­sam­but riuh semangat suara pe­serta, “Ker­ja...­kerja­..kerja...”

Baca Juga : Pembangunan Sea Wall di Padang Telan Anggaran Rp19,1 Miliar

“Kita berterima kasih kepada perusahaam BUMN yang tergabung dalam FK BUMN Sumbar yang meng­gagas acara peringatan 70 Tahun Kemerdekaan dengan menggelar berbagai ke­­gia­tan “BUMN Hadir untuk Negeri 2015” ini,” ujar Mah­yeldi disambut tepuk tangan peserta.

“Khusus acara ja­lan santai ini sangat semarak. Mari kita jadikan momentum kebangkitan dan me­njaga kekompakan antar sesama. Kita peringati ke­mer­de­ka­an dengan me­lan­jutkan pembangunan bangsa kedepan,” ujarnya lagi.

Baca Juga : Ragam Tradisi Jelang Ramadan, Begini Tanggapan Cadiak Pandai di Padang

Pada kesempatan itu, Mahyeldi juga mengungkapkan Pe­ringatan HUT Ke­m­er­kaan ke-70 tahun ju­ga berlangsung se­marak di Kota Pad­ang. Selain acara kh­as perlombaan di te­ngah-tengah ma­sya­rakat, Pemko Pa­dang juga me­me­rin­tah­kan perkantoran dan ru­mah masyar­akat un­tuk menaikan ben­dera Merah Putih.

Sementara itu, Direktur PT Semen Padang, Benny Wendry mengatakan, kegiatan jalan santai tersebut merupakan salah satu acara “BUMN Hadir untuk Ne­geri 2015” yang sehari se­belum­nya telah dimulai de­ngan kegiatan Fun Bike.

Baca Juga : Jelang Puasa, Masyarakat Padang Mulai Laksanakan Ziarah Kubur

“Momentum HUT Kemerdekaan RI ke-70, BU­MN yang tergabung da­lam Forum Komunikasi BUMN (FK BUMN)  di Sumatera Barat  menggelar berbagai kegiatan sosial untuk rakyat yang bertajuk “BUMN Hadir untuk Ne­geri 2015” pada 15–17 Agus­tus 2015. Nah, untuk Sum­bar ditunjuk PT Semen In­do­nesia melalui Semen Pa­dang dan Bulog sebagai pelaksana dan didukung oleh perusahaan BUMN yang ada di Sum­bar,” ujarnya.

Kegiatan ini disusun un­tuk mensukseskan program  Kementerian BUMN RI.  Sesuai arahan Menteri BU­MN RI pada 5 Agustus 2015,  ada sejumlah kegiatan wajib yang dilaksanakan BUMN di seluruh Indonesia,  yakni Upacara Peringatan HUT RI tanggal 17 Agustus 2015,  jalan sehat 8 Km, diakhiri dengan pesta kuliner kaki lima gratis, bantuan pe­nam­bahan fasilitas laboratorium 17 SMK di setiap provinsi. Kemudian bedah rumah veteran sebanyak 45 unit per provinsi, pemutaran film lay­ar tancap, penjualan sem­bako murah dan kegiatan lomba yang diikuti  masya­rakat.

Baca Juga : Maanta Lamang, Tradisi Pengantin Baru di Minang untuk Mertua Jelang Ramadan

Kemudian kegiatan jalan sehat 8 km melibatkan se­kitar 10 ribu peserta. Namun yang hadir diperkirakan mencapai 15 ribu perserta, karena banyak yang mem­bawa anggota keluarga. Jalan sehat 8 Km menempuh rute star di GOR H. Agus Salim menuju Raden Saleh, Muaro Lasak, Pantai Purus, Jalan Belakang Olo, A. Yani, Sud­ir­man, Rasuna Said dan kembali finish di lokasi star.

Setelah jalan sehat, ke­giatan dilanjutkan pesta kuliner kaki lima gratis dan panggung gembira dengan kegiatan makan bersama rakyat yang dimeriahkan hiburan. Kegiatan itu ber­tujuan untuk meringankan beban rakyat. Selanjutnya pemutaran  film layar tan­cap, atau menonton film heroik bersama rakyat, den­gan sasaran mempertebal penghayatan nilai-nilai he­roik pahlawan saat merebut kemerdekaan.

Pada hari Senin (17/8), dilanjutkan Upacara HUT Kemerdekaan RI di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang melibatkan FK BU­MN, kemudian penanaman pohon, kegiatan perlombaan pada siangnya berupa pacu karung, tarik tambang, pan­jat pinang, bakiak dan ma­kan kerupuk. Juga ada pe­lepasan penyu pada siangnya di Pantai Pariaman. Pada Senin, juga penyerahan ber­bagai bantuan sosial untuk meringankan beban masya­rakat. (h/rel/vid)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]