KPU Pantau Penghuni Lapas Hingga H-1


Senin, 17 Agustus 2015 - 18:58:54 WIB
KPU Pantau Penghuni Lapas Hingga H-1

“Jumlahnya masih dapat berubah-ubah, kami akan melihat hingga 2 Oktober nanti untuk menentukan DPT di Lapas. Tapi setelah 2 Oktober itu pun jum­lah­nya masih mungkin berubah hingga H-1 Pilkada di­lang­sungkan,” jelasnya kepada Haluan, Jumat (14/8).

Baca Juga : Realisasi PAD Bapenda Kota Padang Capai Rp98 Miliar pada Triwulan I

Berdasarkan informasi dari Kepala Lapas Muaro, Destri Syam, hingga 13 Ag­us­tus, jumlah WBP yang masuk dalam DPT sebanyak 947 orang. Namun jumlah ter­se­but masih sangat mung­kin berkurang atau bertambah.

“WBP sekarang ada yang telah berstatus narapidana, ada pula yang berstatus ta­hanan kejaksanaan dan lain sebagainya. Sehingga jumlah DPT perlu dimonitor hing­ga menjelang Pilkada,” jelas Destri.

Baca Juga : Danau Cimpago Padang Dipenuhi Sampah Kiriman

Sementara itu, mengenai teknis pelaksanaan pilkada di Lapas Muaro Padang, Riki Eka Putra memastikan pe­laksanaannya tak akan ber­beda dengan pemilihan um­um sebelum-sebelumnya.

“Teknisnya sama dengan pelaksanaan pemilu yang sudah-sudah. Kami akan menyediakan tempat pe­mungu­tan suara di Lapas Muaro, jumlahnya di­sesuai­kan dengan jumlah WBP yang menjadi DPT,” jelas Riki lagi.

Jika jumlah DPT saat ini menjadi patokan untuk Pil­ka­da nanti, maka sesuai de­ngan standar jumlah pe­mi­lih per TPS yang diatur,  Kota Padang akan men­yedia­kan dua TPS di Lapas Muaro.

“Standar dari PKPU un­tuk satu TPS itu bisa di­guna­kan 800 pemilih. Jika jum­lah DPT di Lapas jelang H-1 hampir sama dengan jum­lah saat ini, makan kami akan sediakan dua TPS di sana,” tutup Riki. (h/mg-isq)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]