BI Rate Bertahan 7,5 Persen


Selasa, 18 Agustus 2015 - 18:56:53 WIB
BI Rate Bertahan 7,5 Persen

“Kita berharap ya ditu­runkan karena itu (7,5%) kan tinggi. Tapi kita juga menyadari kalau itu (BI Rate) turun nanti sinyalnya ditangkap pasar akan beda. Begitu dia turun, rupiah akan semakin nggak karuan kare­na sekarang saja sudah begi­ni,” terang dia ditemui di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Selasa (18/8).

Baca Juga : Mantan Komandan Kapal Selam Nuklir Inggris: KRI Nanggala 402 Mungkin Tak Akan Ditemukan

Meski demikian, dia ber­harap BI mau menurunkan tingkat suku bunga acuan­nya. Menurut dia, level BI rate saat ini yang bertahan pada angka 7,5% terlalu tinggi sehingga sulit men­dorong sektor usaha.

Di samping itu, dia juga berharap kondisi ekonomi kembali normal di tengah buruknya kondisi makro saat ini. Terlebih lagi kondisi regional juga sedang mem­buruk lantaran ekonomi Jepang tengah mengalami kontraksi, ada insiden bom di Thailand serta kondisi perpolitikan Malaysia.

Baca Juga : Usai Kasus KIPI Seperti Stroke, Thailand Tetap Pakai Sinovac

“Ini kan di regionalnya sendiri saja ada banyak ma­sa­lah. Perlu perkuatan fun­damental di dalam negeri yang bisa kita lakukan. Ba­gai­mana mengendalikan im­por lalu bagaimana mend­orong upaya ekspor ter­utama dalam kaitan perjan­jian multilateral dan bilate­ral,” tandasnya. (h/dtc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]