Ekonomi Sumbar Masih Ditopang Anggaran Pemerintah


Selasa, 18 Agustus 2015 - 18:58:20 WIB
Ekonomi Sumbar Masih Ditopang Anggaran Pemerintah

Albert menegaskan  kondisi ini sesungguhnya tak baik untuk  Sumbar. Sebab, jika terus berlanjut  ini akan membuat perekonomian Sumbar jadi stagnan atau tanpa gairah.  ”Mestinya ada sektor swasta atau usaha lainya yang bisa mengerakan roda perekonomian. Salah satunya berupa investasi,” ujar Albert.

Baca Juga : Mantan Pilot AU Israel Sebut Pemerintah Negara Yahudi Tersebut adalah Penjahat Perang

Namun,  lanjutnya,  selama ini investasi yang  masuk ke Sumbar  tergolong  masih sangat rendah. Dengan kondisi yang ada tersebut, Sumbar diibaratkan menunggu bom waktu yang  bisa membawa dampak buruk kapan saja.

Semua dinilai akan semakin membawa dampak yang tak baik jika Sumbar banyak menerima bantuan pusat. Jika telah begitu Sumbar dinilai akan semakin sulit untuk mandiri.

Baca Juga : Presiden Erdogan Serukan Negara Muslim Lawan Israel

Tak hanya itu, lanjutnya, Sumbar yang saat ini mengandalkan pariwisata juga masih digarap setengah hati. Selain infrastruktur yang masih kurang, penghambat lain juga  terdapat pada kurangnya kesadaran pelaku wisata dan masyarakat dalam memberikan kesan nyaman pada wisatawan.

”Salah satu contohnya  bisa dilihat pada persoalan parkir. Untuk  memebenahinya  saja kita masih keteteran.  Hal-hal seperti tadi, jika tidak dibenahi dari sekarang lama-lama kita akan semakin tertinggal,” ujarnya.

Albert  juga menyebut yang dibutuhkan Sumbar saat ini adalah membuat blueprint pembangunan daerah yang diselaraskan dengan arah pembangunan nasional.  Tak hanya itu sector pariwisata yang selama   menjadi andalan harus digarap sepenuh hati. Begitu juga untuk sektor industri, harus ada fokus  dan program yang jelas dalam pelaksanaanya.

“Intinya pemerintah provinsi mustinya menganalisa, mengapa investasi tak mau masuk ke Sumbar. Dalam hal ini, pemangku kebijakan yang merupakan  pelaksana regulator mesti membenahi semua hal tersebut,” pungkas Albert.  (h/mg-len)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]