Kesiapan Panitia Penyelenggara Haji


Selasa, 18 Agustus 2015 - 19:16:28 WIB
Kesiapan Panitia Penyelenggara Haji

Semua pihak berharap agar penyelenggaraan haji tahun 2015 ini dapat berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan, baik penyelenggaraan pada persiapan di tanah air, maupun di tanah suci. Dengan demikian, jamaah haji  bisa khusuk dalam melaksanakan rukun islam kelima tersebut dan dapat menjadi haji yang mabrur. Harapan selanjutnya, para jamaah haji bisa kembali lagi ke tanah air dengan selamat, sehingga berkumpul kembali dengan sanak keluarga.

Baca Juga : Termasuk Bupati Novi Rahman Hidayat, KPK Tangkap 10 Orang dalam OTT di Nganjuk

Namun memang harapan tak selamanya sesuai dengan kenyataan. Meski hari ini 455 CJH Kloter I Embarkasi Padang akan masuk ke dalam Asrama Haji Tabing di Padang, namun ternyata kondisi asrama belum siap sebagaimana mestinya. Jajaran Komisi V DPRD Sumbar yang diketuai Mochklasin saat inspeksi mendadak (sidak) ke Asrama Haji Tabing justru menemukan  kondisi yang mengecewakan. Seperti, perbaikan kamar yang belum tuntas, kebersihan kamar yang kurang, air yang kotor dan bau dan lain sebagainya.

Padahal para CJH seharusnya mendapatkan seluruh fasilitas yang sudah siap. Kamar, toilet yang bersih dan steril, sehingga CJH tidak rawan lagi terkena virus penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor dan lain sebagainya. Jika kesehatan CJH terganggu, otomatis pelaksanaan rangkaian ibadah  haji yang bersangkuatan bisa terganggu. Bila hal demikian yang terjadi, tentu haji mabrur jadi sulit diperoleh.

Baca Juga : MA Batalkan SKB Tiga Menteri Soal Seragam Sekolah, KPI Kecewa

Anggota Komisi V, Irsyad Safar mengatakan jangan sampai terjadi lagi CJH yang mengeluhkan tentang asrama haji embarkasi Padang. Apalagi di Embarkasi Padang juga tergabung CJH dari Bengkulu.  Melihat masih banyaknya kekurangan, Komisi V mendesak pihak Asrama Haji Tabing segera menyelesaikan semua yang masih terbengkalai. Seluruh persiapan diminta sudah tuntas kemarin atau menjelang masuk para CJH ke asrama . Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar, Syamsuir mengakui belum tuntasnya persiapan yang dilakukan oleh panitia dan pihak asrama haji sendiri. Menurutnya, keterlambatan persiapan dikarenakan pengelolaan asrama haji sedang dalam masa transisi. Dulu penge­lolaan di bawah wewenang Kanwil Kemenag, sekarang sudah tanggung jawab Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Padang.

Transisi tersebut membuat UPT kesulitan dana untuk persiapan. Dana yang biasanya ada pada Kemenag tak lagi dianggarkan karena bukan masuk wewenangnya. Sementara UPT belum mendapatkan dana itu. Pada Tahun 2016 baru bisa dianggarkan. Kepala UPT Embarkasi Haji Padang, Ali Imran mengakui hal yang sama. Namun, ia menyebut masalah dana itu sudah diatasi dengan segala keterbatasan. Ia juga berjanji akan segera menyempurnakan kekurangan yang ada.

Lagi-lagi kita sangat berharap penyelenggaraan haji tahun ini berjalan lancar. Berbagai kelemahan dan ketidaksiapan segera dituntaskan dan dibenahi. Hal yang paling menjadi momok dalam penyelenggaraan haji adalah soal akuntabilitas seluruh dana-dana penye­lenggaraan haji beserta sumbangan lainnya. Sudah semestinya pengelolaan keuangan tersebut bisa bersih dan dapat dipertanggungjawabkan. Sangat tidak diingin­kan kasus yang menimpa dua Menteri Agama terdahulu, Said Agil Almunawar dan  Surya Dharma Ali (SDA) kembali terjadi. Semoga…**

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]