Asrama Haji Belum Siap


Selasa, 18 Agustus 2015 - 19:22:14 WIB
Asrama Haji Belum Siap

Karena itu, Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar meminta berbagai ke­ku­rangan persiapan asrama haji segera dibenahi, jelang pem­berangkatan jemaah haji.

Baca Juga : Aktifitas Balimau di Padang Dibubarkan Polisi

Ketua Komisi V DPR­TD Sumbar, Moc­hk­lasin kepada wartawan, Se­lasa (18/8) menyesalkan ­yang belum sem­purna itu. Apa­lagi seminggu lalu tim ko­misi V ju­ga  telah datang meninjau asrama haji dan meminta agar persiapan asrama dilakukan pengelola dengan segera. “Na­mun, jika dibandingkan dengan pe­ninjau­an sebelumnya tak banyak perubahan yang di­la­kukan panitia,” jelasnya.

Menurut Mochklasin, ke­ku­rangan malah hal-hal yang sangat penting. Seperti air dan ke­ber­sihan. Padahal asrama haji meru­pakan tempat beristirahat CJH dari ber­bagai daerah, pun luar provinsi, sebelum berangkat ke tanah suci.

Baca Juga : Akibat Covid-19, Jumlah Pengunjung Museum Adityawarman Padang Hanya 17 Ribu Per Tahun

Anggota Komisi V, Irsyad Safar menambahkan jangan sam­pai ma­sih banyak CJH yang mengeluhkan tentang asrama haji embarkasi Padang ini. Apalagi, tambah dia, CJH ada yang berasal dari luar provinsi, yakni dari Bengkulu.  Melihat masih ban­yak­nya ke­kurangan, Komisi V mendesak pihak asrama haji untuk segera menyelesaikan se­mua yang masih terbengkalai.

“Selesaikan semuanya hari ini juga. Sampai malam-malam hari juga tak apa, asal selesai 100 persen,” tegas Mochklasin.

Baca Juga : Bulan Ramadan, Rutan Klas II B Padang Gelar Pesantren untuk Warga Binaan

Sekretaris Panitia Penye­leng­gara Ibadah Haji Kanwil Ke­men­terian Agama (Kemenag) Sum­bar, Syamsuir mengakui masalah itu. Menurut dia, keterlambatan per­siapan dikarenakan penge­lolaan asrama haji sedang dalam masa transisi. Dulu pengelolaan di bawah wewenang Kanwil Ke­me­nag, sekarang sudah tanggung jawab Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Padang.

Menurut dia, transisi itu mem­buat UPT kesulitan dana untuk persiapan. Dana yang biasanya ada pada Kemenag tak lagi di­ang­garkan karena bukan masuk we­wenang. Sementara UPT be­lum men­dapat­kan dana itu. Pada Tahun 2016 baru bisa dianggarkan.

Baca Juga : Jelang Safari Ramadan, Hendri Septa Berikan Arahan Pada 66 Pengurus Masjid dan Musala

Kepala UPT Embarkasi Haji Padang, Ali Imran mengakui hal yang sama. Namun, ia men­ye­but masalah dana itu sudah di­atasi dengan segala keterbatasan. Ia juga berjanji akan segera men­yem­purna­kan kekurangan yang ada.  ”Saya jamin semua per­siap­an selesai hari ini,” pungkasnya.

Visa  dalam Proses

Jelang keberangkatan CJH kloter 1 Sumbar pada 20 Agustus besok,  969 dari total 3.599 paspor CJH masih dalam proses penge­luaran visa di kantor Ke­dutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi di Jakarta.

Kepala Bidang Penyeleng­gara­an Haji dan Umroh (PUH) Kantor Kemenag Wilayah Sumbar, Syam­suir, mengatakan pada Selasa (18/8), pengurusan visa CJH yang belum rampung tengah dikebut dan di­harap­kan rampung sebelum ke­be­rangkatan masing-masing jemaah.

“Sekarang semua pengu­rusan­nya sudah di kedutaan. Ada 969 lagi visa yang tengah kami tunggu. Semoga rampung dan tidak meng­ganggu persiapan CJH,” jelasnya.

Namun berdasarkan kabar te­rakhir, 83 visa CJH kloter 1 yang masuk dalam 969 visa yang belum keluar, telah rampung dan dibawa oleh petugas kemenag pusat dari kantor Kedubes Arab Saudi.

Syamsuir menjelaskan, CJH kloter 1 pada pemberangkatan gelombang pertama akan masuk ke asrama haji Tabing pada 20 Agustus dan akan terbang pada 21 Agustus tepat pukul 11.30. 455 CJH kloter I tersebut seluruhnya berasal dari Kota Padang, ter­masuk 5 petugas di dalamnya.

Sedangkan untuk pem­berang­katan kloter II dilakukan pada 23 Agustus dengan jumlah CJH 455, di mana 199 CJH di antaranya berasal dari Kabupaten Tanah Datar, 96 CJH dari Kab. Si­jun­jung, 87 CJH dari Kab. Dhar­masraya dan 68 CJH lainnya dari Kota Padang.

“Untuk persiapan selain visa, semuanya sudah rampung. Ke­pada CJH diharapkan terus men­jaga kebugaran agar fit saat be­rang­kat. Soalnya suhu saat ini di Mekkah cukup panas, pada kisa­ran 40-45 derjat,” tambahnya lagi.

Dari total 11 kloter yang di­berang­katkan dari Sumbar, klo­ter 1 hingga 10 masuk ge­lom­bang per­tama, se­dang­kan sisa 1 kloter lainnya masuk dalam pem­be­rang­katan ge­lom­bang kedua. (h/mg-isq/mg-len)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]