Dishut Tetap Siaga Hingga Awal Oktober


Rabu, 19 Agustus 2015 - 19:45:18 WIB
Dishut Tetap Siaga Hingga Awal Oktober

“Tiga tahun lalu Sum­bar memiliki 600 hotspot, se­karang sudah jauh me­nurun. Tapi meskipun jum­lahnya berkurang, kami tetap siaga hingga awal November nanti. karena diperkirakan kemarau akan terus terjadi hingga akhir November,” kata Faridil.

Baca Juga : Sekolah jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Sumbar

Berdasarkan data ter­baru yang dirilis oleh Dis­hut Sumbar, 133 hotspot yang ada saat ini meru­pakan temuan Januari hing­­ga pertengahan Agus­tus tahun ini. Dari data tersebut, Kabupaten Dhar­masraya menjadi daerah yang paling banyak me­miliki hotspot, yaitu se­banyak 39 titik. Disusul Kab. Pessel dengan 21 titik, Kab. 50 Kota dengan 14 titik, Kab. Sijunjung de­ngan 13 titik, Kab. Men­tawai dengan 12 titik dan Kab. Pasaman dengan 11 titik.

Lebih lanjut, Kab. So­lok Selatan dengan 9 titik, Kab. Pasaman Barat de­ngan 6 titik, Kab. Solok dengan 4 titik, Kota Sawah­lunto dengan 2 titik, serta Kab. Padang Pariaman dan Kab. Tanah datar dengan masing-masing satu titik. Selebihnya, Kab. Agam, Kota Solok, Kota Padang dan Kota Payakumbuh ti­dak memiliki hotspot sama sekali.

Baca Juga : Kendalikan Banjir Sungai Batang Lembang Solok, Pemprov Butuh Bebaskan 2,5 Hektare Lahan

“Di antara semua itu, pantauan di Agam dan Pa­saman Barat sangat meng­gembirakan. Jika sebe­lumnya menjadi daerah rawan hotspot, saat ini Pasaman Barat hanya me­nyisakan 6 titik. Bahkan di Agam tidak ditemukan hotspot sama sekali,” tam­bahnya lagi.

Harapannya, lanjut Fa­ridil, tren penurunan dras­tis seperti di Agam dan Pasaman Barat turut dii­kuti oleh daerah-daerah lain. Tentunya dengan meng­­hentikan pembukaan lahan hutan dengan cara membakarnya.

Baca Juga : Pemkab Padang Pariaman Raih Nilai SAKIP B

“Kami selalu rutin ke lapangan untuk menga­wasnya. Sosialisasi manfaat hutan, pembinaan dan pem­­bentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) terus dilakukan agar masyarakat lebih peduli terhadap ke­bakaran hutan,” tutupnya. (h/mg-isq)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]