Segera Buat Edaran Penerima Hibah dan Bansos


Rabu, 19 Agustus 2015 - 19:57:00 WIB
Segera Buat Edaran Penerima Hibah dan Bansos

Dijelaskan Donny pang­­gilan akrabnya, di Indonesia terdapat se­jumlah organisasi dan lembaga yang sudah ber­badan hukum, seperti Mu­hammadiyah dan NU, organisasi ini sudah ada sejak Indonesia merdeka dan diakui negara.

Baca Juga : Realisasi PAD Bapenda Kota Padang Capai Rp98 Miliar pada Triwulan I

“Nantinya agar lebih jelas dalam waktu dekat kita akan membuat eda­ran, siapa yang dimaksud dengan ormas, lembaga, badan yang berbadan hu­kum,” paparnya. Ditam­bah­kannya, siapa saja yang berhak mene­rima hibah atau Bansos sudah ditetap­kan, sebab sebelum be­rang­kat ke Sum­bar siapa saja pene­rima ini sudah dinaikkan ke Mendagri.

“Mudah-mudahan da­lam satu dua hari sudah di­tanda tangani Pak Men­teri,” terangnya.

Baca Juga : Danau Cimpago Padang Dipenuhi Sampah Kiriman

Sebelumnya, Ditjen Ke­uangan Daerah sudah du­duk bersama dengan Ke­menterian Hukum dan Ham, Direktorat  Jen­deral Politik dan Pe­me­rintah Umum Ke­men­dagri, Biro Hukum Otda dan per­wa­kilan beberapa Pemda ter­kait hibah dan Bansos.

Dijelaskannya, dalam pasal 298 ayat 4 dan 5 UU Nomor 23 tahun 2014, dinyatakan Pemda dapat berhibah dan mem­beri­kan bantuan sosial setelah prioritaskan belanja wajib dan belanja pilihan.

Belanja wajib, dengan 34 urusan sudah diserah­kan ke daerah dan urusan pilihan. Setelah itu terpe­nuhi baru bisa berhibah. “Jadi bukan berarti tidak boleh tapi boleh, namun, berhibah juga bukanlah suatu kewajiban,” terang­nya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]