APBD 2016 Memihak Rakyat


Rabu, 19 Agustus 2015 - 20:09:23 WIB
APBD 2016 Memihak Rakyat

Dirjen Keuangan dan Anggaran Daerah Ke­men­dagri ini menambahkan, kehadirannya ke DP­RD me­ru­pakan sila­turah­mi per­tamanya bersama de­wan. Dalam hal ini, Pem­prov, sebut­nya, sebagai mitra stra­tegis DPRD siap mencari format yang pas seputar anggaran.  Baik itu di APBD perubahan mau­pun APBD 2016 nanti.

Baca Juga : Pemko Padang Siap Kawal Pesantren Ramadan dari Covid-19

Dituturkannya ju­ga, pos­­tur APBD Sum­bar mulai dari sisi pen­da­pa­tan, belanja dan pem­biayaan akan mengu­tama­kan ke­pentingan publik. Baik itu un­­tuk infra­struk­tur, pen­didikan dan ke­se­ha­tan dan lain-lain.

Menyinggung soal soal target pengesahan APBD 2015 Reydonnyzar tak mau menjanjikan. Namun yang pasti kata dia, di bawah kepemimpinannya hingga dilantik gubernur baru, akan berbuat yang terbaik untuk Sumbar.

Baca Juga : Sepekan Puasa, Harga Cabai Rawit Bergerak Turun di Padang

Sebelumnya, DPRD Sum­­­bar mengharapkan pe­netapan APBD Perubahan 2015 mau­pun APBD 2016 dipercepat. Jika molor, DP­RD khawatir terjadi pem­beng­kakan ang­garan hingga Rp400 miliar untuk APBD 2016.

“Mestinya, Juli lalu Pem­prov Sumbar sudah menyam­paikan Nota Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Ang­garan Sementara (PPAS) APBD Perubahan 2015 pa­da DPRD. Namun hingga kemarin belum juga,” ujar Wakil Ketua DPRD Sum­bar, Arkadius Dt. Intan Ba­no.

Baca Juga : Penertiban Balap Liar di Padang, Seorang Personel Polisi Ditabrak

Sedangkan untuk AP­BD perubahan, jika molor, DPRD khawatir akan meng­akibatkan pembangunan di Sumbar stagnan karena lam­bannya pembelanjaan uang daerah.

Lambannya penetapan anggaran perubahan dini­lai akan membuat penye­rapan anggaran rendah. Jum­­­­lah Silpa di­pre­dik­si bi­sa mencapai 6 persen dari total APBD atau ber­kisar Rp480 mi­liar. Ter­jadinya Silpa yang tinggi diprediksi karena belajar dari pe­ng­gunaan Anggaran APBD 2014 lalu,  tingkat Silpa mencapai Rp218 miliar atau lebih banyak empat kali lipat dari target awal yang hanya Rp55,13 miliar.

Baca Juga : Batang Arau Disiapkan untuk Berlabuhnya KRI Dewa Ruci pada Festival Jalur Rempah dan Pelayaran Muhibah Budaya Tahun 2021

Untuk ini, dari  total APBD Sumbar  2015 yang ber­jumlahRp4,172 tri­li­un, DPRD menarag­et­kan ang­­ka Sil­pa ha­nya se­besar Rp220 miliar. Jumlah tersebut sesuai dengan atu­ran Kementerian Keua­ng­an yang mengatur Silpa paling tinggi 6 per­sen. Uang  ter­se­­but ren­canannya untuk menutupi penyertaan modal kepada Bank Na­gari. ”Na­mun jika Silpa lebih ting­gi  dari itu tentunya sangat disayangkan,” katanya. (h/mg-len)


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]