Hambat Serapan APBD Sumbar 2015


Rabu, 19 Agustus 2015 - 20:11:08 WIB
Hambat Serapan APBD Sumbar 2015

“Meski demikian Satuan Ker­ja Perangkat Daerah (SKPD) tetap diminta memaksimalkan serapan anggaran untuk pencapaian target di akhir tahun anggaran,” te­rangnya.

Baca Juga : Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Ditambahkan M.Yani, eva­luasi yang dilakukan oleh Kemen­trian Dalam Negeri (Kemendagri) cukup mempengaruhi pelak­sanaan anggaran di Sumbar. Sehingga Gubernur meminta agar serapan anggaran harus lebih dimaksimalkan dan dipercepat.

“Gubernur memang mene­kankan agar kita tetap memper­hatikan serapan anggaran jangan sampai rendah dan apalagi tidak mencapai target,” paparnya.

Baca Juga : H-6 Lebaran, Pantai Purus Padang Sepi Pengunjung

Sementara untuk pembe­ba­san lahan kata M Yani, pihaknya akan tetap berupaya mengatasinya agar kualitas serapan anggaran di Provinsi lebih baik.

Data yang dirilis oleh Sistem Informasi Monitoring dan Eva­luasi Tim Evaluasi dan Penga­wasan Penyerapan Anggaran (Sismontep) untuk realisasi ke­uangan Sumbar berada pada urutan ke 10 dengan capaian 45,40 persen diatas target yang dipatok sebanyak 38,75 persen.

Sementara untuk provinsi dengan realisasi fisik lebih baik yakni, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan realisasi 70 per­sen, diikuti Jawa Timur dengan realisasi 62 persen, Jawa Tengah realisasi 59 persen dan Kalimantan Tengah 59,03 persen.

Sedangkan realisasi keuangan tertinggi ditempati, Kalimantan Tengah dengan besaran realisasi 56,03 persen, Maluku Utara 53 persen dan Sulawesi Tengah sebesar 59 persen.

Saat ini dari 431 paket pe­kerjaan pengadaan barang dan jasa di Sumbar sebanyak 397 paket masih dalam proses lelang atau setara dengan capaian 92,11 persen. Sementara 320 paket telah telah selesai dilelang dengan pencapaian 77,03 persen.

Pagu anggaran belanja modal Sumbar tahun ini mencapai Rp4,1 triliun. Jumlah ini menem­pati posisi ke 16 dari 34 provinsi secara Nasional. Sementara pagu dana belanja modal tertinggi ditempati DKI Jakarta dengan total mencapai Rp63 triliun. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]