Pemerintah Diminta Perhatikan Aspek Teknis


Kamis, 20 Agustus 2015 - 17:49:26 WIB
Pemerintah Diminta Perhatikan Aspek Teknis

Anggota Komisi III DP­RD Sumbar, Zigo Rolanda meyebutkan kondisi pere­konomian saat ini sudah dapat disebut lampu merah. Ini harus segera ditanggi dengan serius. Maka dari itu, katanya,  pemerintah harusnya sudah melirik kepada Sumbar Daya Alam (SDA) yang masih belum tergarap dengan baik.

Baca Juga : Longgarkan Karantina Covid-19, Israel Mulai Buka Restoran

“Kita harus me­manfa­atkan SDA yang ada. Ba­nyak lahan tidur yang bisa digarap untuk dijadikan lahan usaha baru yang pro­duktif. Sehingga dapat me­nyeimbangi anjloknya pere­konomian secara global, “sebut Zigo kemarin, (20/8).

Politisi dari Fraksi Gol­kar ini juga menyarankan pemerintah daerah untuk lebih mem­perhatikan usa­ha Mikro. Dalam hal ini pemerintah diharapkan memberikan dukungan ter­ha­dap per­kembangan usaha kecil dan menengah di tengah ma­syarakat.  Ter­ma­suk dalam memberikan kemudahan izin dan penye­diaan fa­silitas, sarana dan prasarana usaha.

Baca Juga : Menlu China Nyatakan Serius Bantu Indonesia Jadi Pusat Produksi Vaksin Covid-19 di ASEAN

“Banyak usaha yang ber­­kembang ditengah ma­syarakat. Baik itu industri rumah tangga (home In­dustri )maupun usaha-usa­ha yang dikelolah oleh lembaga atau organisasi. Jika itu dikelola dengan baik. Maka akan medorong peningkatan ekonomi dae­rah, “ sebut  anggota de­wan yang juga Ketua Him­punan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sum­bar tersebut.

Tak hanya itu, ia juga menyarankan pemprov agar mempunyai konsep jelas terhadap keberadaan investasi di Sumbar. Atu­ran birokrasi tehadap sega­la urusan perizinan pada setiap ivestor yang masuk di­minta lebih diper­mudah. Ter­ma­­suk da­lam mem­­beri­kan so­sia­lisasi ke­pada ma­sya­­rakat akan pen­ting­nya investasi untuk pening­katan laju per­tum­bu­han eko­no­mi.

Baca Juga : Hacker Sebar Data Pasien RS Amerika Serikat di Dark Web

“Selama ini yang ber­­­­masalah ter­sebut adalah per­soalan izin dan budaya masyarakat yang sulit mene­rima orang luar. Sehingga setiap kali ada investasi yang masuk itu sering beru­jung kegagalan.

Ujunganya itu akan ber­pengaruh ter­hadap investor lainnya. Ini yang harus dikon­sep dengan jelas oleh pe­merintah,” tegas Zigo.

Baca Juga : Waw, Warga Amerika Bakal Dapat Bansos Senilai Rp 20 Juta

Kemudian, jika dikait­kan dengan tahun politik dimana Pilkada akan dihe­lat serentak secara nasi­onal,  ia menilai  situasi ini sedikit banyaknya akan berpengaruh terhadap kerja dan kinerja para pengambil kebijakan di pemerintahan, termasuk di Sumbar.

“Karena dari itu untuk pemerintah daerah kami ingatkan  agar kondisi yang ada jangan sampai mengu­rangi tugas dan fung­si apara­tur pemerintahan dalam peningkatan ekono­mi,” pungkasnya. (h/mg-len)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]