Jorong Paraman Masih Belum Tersentuh Listrik dan Air Bersih


Kamis, 20 Agustus 2015 - 17:50:04 WIB
Jorong Paraman Masih Belum Tersentuh Listrik dan Air Bersih

“Kami berharap pe­me­rintah segera mem­berikan solusi atas kekurangan ter­sebut,” katanya saat ku­nju­ngan Ketua Tim Pe­nga­wasan dan Evaluasi TNI Ma­nu­ng­gal Masuk Desa (TM­MD) Ma­bes TNI, Kolonel CZI Suryatikno ke lokasi kerja TMMD ke-93, Kamis (20/8).

Baca Juga : Dengarkan Aspirasi Masyarakat Kudu Gantiang Barat Padang Pariaman, Leonardy Harmainy: Ancaman Hama Harus Dicarikan Jalan Keluarnya

Selain air bersih dan penerangan, Jorong Para­man juga membutuhkan pem­bangunan jalan sekitar enam kilometer dari Paraman sam­­­pai Setingkai. Karena program TMMD ke-93 pada 2014 baru membangun se­panjang empat kilometer.

“Kami berharap pem­bangunan ini bisa di­lan­jutkan untuk tahun depan, sehingga akses trasportasi untuk membawa hasil per­tanian dan perkebunan men­jadi lancar,” harapnya.

Baca Juga : Pekan Pertama Jadi Bupati Pasaman, Benny Utama Kebut Pembangunan 

Ketua Pengawas TMMD Mabes TNI, Kolonel CZI Suryatikno, mengatakan, pelaksanaan TMMD di Pa­ra­man ini sudah bagus, te­tapi belum sempurna.

“Ke depan kami siap memberikan bantuan untuk menyumbang tenaga dalam mensukseskan semua pro­gram dari Pemda Agam,” katanya.

Baca Juga : Akhir Pekan Hujan Diprediksi Guyur Sejumlah Objek Wisata Sumbar 

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Agam Indra Catri, Dandim 0304 Agam Letkol Arh Candy Cristian Rian­tory, Kepala BPMPN Ka­bu­paten Agam Welfizar dan lainnya.

Bupati Agam Indra Catri mengatakan, Pemkab Agam berupaya semaksimal mung­kin agar daerah ini bisa men­d­apatkan penerangan dari PLN. Tapi rencana itu masih terkendala beberapa hal, salah satunya masalah lahan.

Baca Juga : Waspadalah! Gelombang Tinggi hingga 5 Meter Berpotensi Terjadi di Perairan Sumbar

“Listrik menjadi hal yang sangat penting, karena dapat mempengaruhi siswa untuk belajar dan mengaji. Kami akan usahakan dalam waktu dekat,” ujarnya.

Sementara untuk ma­salah kelanjutan pem­ba­ngunan jalan ini, tegas Indra Catri, Pemkab Agam beren­cana menganggarkan dana pada APBD tahun depan.

Sebelum dilaksanakan TMMD ke-93, Jorong Si­pinang menuju Jorong Pa­raman belum pernah dilalui kendaraan roda empat. Sela­ma bekerja,  tim TMMD sempat mengalami ke­su­litan, karena, kondisi me­dan­nya yang cukup terjal. Pasalnya dari titik nol sam­pai 4.100 m terdapat selisih perbedaaan ketinggian yang sangat menyolok. (h/ks/amc)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]