Makanan Organik Tak Menjamin Tubuh Bebas Kanker


Jumat, 21 Agustus 2015 - 17:31:17 WIB
Makanan Organik Tak Menjamin Tubuh Bebas Kanker

Hasilnya, wanita yang selalu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran organik pada periode penelitian itu risikonya untuk menderita satu dari 16 tipe kanker tidak lebih rendah dibanding de­ngan mereka yang tidak pernah mengonsumsi pro­duk organik.

Baca Juga : Dukung Ibadah Puasa Nakes di Wisma Atlet, Alodokter dan Fore Coffee Bagikan 1000 Cup Manuka

Meski begitu, secara umum, tidak terlihat per­bedaan nyata antara mereka yang mengonsumsi produk organik dan produk kon­vensional. Bahkan, ada se­dikit peningkatan risiko kanker payudara.

“Dari studi berskala be­sar terhadap wanita di Ing­gris ini kami menemukan tidak ada bukti bahwa risiko terkena kanker akan ber­kurang jika seseorang rutin mengonsumsi bahan ma­kanan organik,” kata Pro­fesor Tim Key dari Cancer Research di Inggris.

Baca Juga : Sederet Makanan Berikut Cocok Disantap saat Sahur Berikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Selama ini, memang ada kekhawatiran bahwa peng­gunaan pestisida dalam per­tanian akan meningkatkan risiko kanker. Namun, dari beberapa studi yang dila­kukan, hal tersebut belum bisa disimpulkan.

Untuk mengurangi papa­ra­n pestisida, sebenarnya kita bisa mencuci bersih buah dan sayuran di bawah air mengalir sebelum di­olah.

Para ilmuwan menga­takan, kanker dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah pola makan yang tidak se­imbang.

“Memperbanyak sayur dan buah sangat dianjurkan, terlepas dari buah itu dita­nam secara konvensional atau organik,” katanya.(h/kcm)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]