Wakili Sumbar di LKS Nasional


Jumat, 21 Agustus 2015 - 17:43:01 WIB
Wakili Sumbar di LKS Nasional

Sedangkan pada 2008 melesat tinggi dengan meraih juara 1 pada mata lomba Nautika, dan satu-satunya sekolah SMK yang wakil Sumbar mendapat penghargaan  di tingkat nasional.

Baca Juga : Dilema Penjual Telur Gulung di Padang saat Pandemi Covid-19

Kemudian pada Juni 2015 SMKN 3 kembali mengutus 2 orang siswanya untuk tingkat nasional mewakili Sumbar utusan Kota Pariaman dengan mata lomba Nautika dan Refrigration dari Tekhnik Pendingin dan Tata Udara, serta berhasil keluar sebagai juara harapan 2 dari seluruh mata lomba yang diper­tandingkan. Juga menjadi satu-satunya wakil sumbar yang ber­hasil membawa penghargaan.

“Ucapan terimakasih kita sampaikan kepada Pemerintah Kota Pariaman yang senantiasa memberikan dukungan dan per­hatian yang besar terhadap dunia Pendidikan.

Baca Juga : Malamang, Tradisi Lebaran yang Tak Dimakan Waktu

Khususnya sekolah kejuruan dan tentunya prestasi yang telah diraih tidak lepas dari kerjasama antara para majelis guru dan kemauan dari para siswa sen­diri,”sebut Drs. Rafuddin Kepala SMKN 3 Pariaman.

Raf  mengatakan, di SMKN 3 pengkaderan telah dimulai se­menjak anak mulai belajar di kelas satu. Ia juga berharap supaya pemerintah memberikan per­hatian lebih  besar lagi pada sekolah, untuk  memacu prestasi kedepannya.

Ciptakan Kapal Pemantau Illegal Fishing Tanpa Awak

Muda namun kaya dengan karya serta inovasi, kata ini me­mang sangat sepadan kita hadiah­kan pada SMKN 3 Pariaman. Siswa kelas satu jurusan TKPI telah mampu merakit sendiri sebuah kapal pengintai mini ukuran 70x20 cm dengan tinggi 15 cm yang dilengkapi kamera CCTV.

“Inovasi ini terlahir dari siswa sendiri yang melihat luasnya perairan indonesia namun keka­yaan lautnya belum bisa terman­faatkan seutuhnya untuk bangsa sendiri, karena masih banyaknya pencurian dan penangkapan ikan tidak berizin oleh nelayan asing di peraiaran NKRI,” sebut Raf.

Persoalan ini memunculkan ide kreatif bagi siswa lanjut nya, karena memang selain dengan masih kurangnya tenaga untuk pengawasan laut oleh negara juga minimnya tekhnologi kelautan untuk mengawasi para pencuri ikan dari negara tetangga apalagi para nelayan asing tersebut meng­gunakan kapal bertekhnologi modern.

“Jadi atas dasar tersebut siswa kita mencoba membuat terobosan baru yang mana ini merupakan ciptaan pertama anak bangsa dan pertama kali untuk Indonesia.

Mudah-mudahan ini berhasil dan nantinya bisa juga diman­faatkan oleh pemerintah, sejalan dengan program bapak presiden menjadikan laut indonesia eko­nomi maritim dan digalakkannya pemberantasan ilegal fishing oleh mentri DKP,”ulas Raf.

Hasil karya siswa ini telah diperlombakan di tingkat Kota Pariaman dalam TTG  (Tekh­nologi Tepat Guna) antar sekolah kejuruan dan SMKN 3 berhasil keluar sebagai juara tiga.

“Sekarang kita sedang me­ngikuti lomba TTG di tingkat Provinsi, satu-satu nya sekolah SMK utusan Kota Pariaman, dan perlu diketahui semua bahan kapal mini pemantau ilegal fishing tersebut memanfaatkan limbah yang ada disekolah.

Alhamdulillah pada 6 Okto­ber hasil karya siswa kita ini lolos  ke kompetisi tingkat nasional, yang akan berlomba di Banda Aceh. Namun untuk kali ini dari 3 orang satu team, yang akan mengikuti hanya 1 orang atas nama Adam Basri kelas XI juru­san TKPI,”sambung Bambang Suyatno ST, Tpi didampingi se­kre­taris Syaiful Kamal Spi pembina kesiswaan.

LDDK SMKN 3 Pariaman

Latihan Didikan Dasar Kepe­mimpinan yang selalu dilaksa­nakan setiap penerimaan siswa baru merupakan sebuah proses yang harus dilewati seorang calon siswa, jika ingin bergabung seb­a­gai seorang taruna di SMKN3.

“Sebagai pembina dan yang memberikan latihan kepada calon siswa, kita telah bekerjasama dengan Lantamal II Padang. Adapun bentuk latihan kedisi­plinan yang mereka berikan kepada calon taruna seperti PBB, Jurik (membina ketangkasan, ketahanan dan kerjasama),”lanjut Raf.

Selama masa LDDK yang berlangsung 5 hari, pihak sekolah menyerahkan tanggung jawab pembinaan sepenuhnya dibawah komando Lantamal II, dengan tujuan supaya calon taruna dapat fokus dan bisa menyerap materi yang diberikan secara kese­luruhan. (h/mg-man)


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]