Jalan Boncah-Ketinggian Makin Parah


Jumat, 21 Agustus 2015 - 19:50:27 WIB
Jalan Boncah-Ketinggian Makin Parah

Pemuka masyarakat Ba­tu Balang, Kecamatan Ha­rau, Nasrul Rasyid yang dihubungi Jumat kemarin menuturkan, jalan alternatif tersebut, mengalami keru­sakan sejak beberapa tahun lalu, cendrung menim­bul­kan kerugian keuangan dae­rah. Namun sampai sekarang belum diperbaiki pihak ter­kait, tidak jelas benar me­nga­pa jalan itu dibiarkan rusak.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 101, Sembuh 158, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Sedangkan jembatan yang melintasi Batang Sani­pan untuk menghubungkan Boncah-Ketinggian sudah rampung dibangun tahun lalu. Ia me­minta kepada Pemkab Limapuluh Kota untuk menyikapi dengan serius jalan hotmix Boncah-Ketinggian yang rusak. Supa­ya jalan yang rusak sebelum waktunya dapat diperbaiki kembali sampai tuntas.

Menurut dia, terjadinya kerusakan jalan tidak terle­pas dari matang atau tidak­nya­ sebuah peren­canaan se­be­lum jalan di­ba­ngun.”Saya mem­pre­dik­si keru­sakan jalan hotmix itu lebih dipicu oleh ketidak ma­tangan pe­ren­canaan, seperti timbunan badan jalan belum terlalu padat, kemudian langsung di­as­pal,ulasnya.

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

Mantan ang­gota dewan itu, juga me­nyorot pe­meli­haraan jalan yang perlu di­per­hatikan. Jangan sampai kondisi jalan tidak terurus, lagipula sebagian pinggir jalan ditumbuhi semak belu­kar. Padahal, pembukaan jalan alternatif tersebut, dinilai bermanfaat untuk pengem­bangan daerah, se­ka­ligus membuka kawasan ekonomi baru.

Pantauan Haluan ke lo­kasi kemarin, mendapati sebagian badan jalan me­ngalami retak, patah mau­pun dengan kondisi berlu­bang nyaris terbelah. Reng­kahan jalan tersebut sema­kin bertambah lebar, dikha­watirkan roboh masuk sa­wah masyarakat Sehingga dana miliaran rupiah untuk membangun jalan itu seakan mubazir.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

Kepala Dinas PU Li­mapuluh Kota, Edwar keti­ka dihubungi di kantornya Tabek Panjang, untuk kon­firmasi belum dapat dihu­bungi, karena yang ber­sang­kutan tidak berada di­tem­pat. Kabid Bina Marga, Iswandi sebelumnya me­nyebut, jalan alternatif itu akan diperbaiki, saat ini menunggu penye­lesaian pem­bangunan jem­batan, ulas­nya. (h/zkf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]