Rest Area Gerbang Kota Pariaman Langganan Banjir


Jumat, 21 Agustus 2015 - 19:51:29 WIB
Rest Area Gerbang Kota Pariaman Langganan Banjir

Rest Area di Gerbang Kota Pariaman di kawasan Utara itu, jelas pe­run­tukan­nya, yaitu sebagai tempat istirahat bagi mobil yang akan masuk ke Kota Paria­man dari luar daerah arah utara.  Kalau kondisinya selalu banjir ketika hujan tiba, tentu manfaatnya jadi tidak maksimal dan me­ngundang tanda tanya bagi orang yang melihatnya.

Baca Juga : Pakai BPJS Kesehatan, Antisipasi Apabila Sakit

“Ketika baru tiba disini untuk menghadiri acara launching, melihat kondisi rest area di depan gedung promusi tergenang air bekas hujan yang mengenangi ham­­pir separuh areal rest area, saya terpadana juga,” akunya.

Namun kondisi ini tidak akan kita biarkan berlama-lama, nanti kita cari solu­sinya ke dinas terkait yaitu Dinas Pekerjaan Umum Ko­ta Pariaman. Kabid BM, Muliawan, tentang rest area yang menjadi langganan banjir tersebut menjelaskan, letak persoalanya ada pada saluran pembuang dari drai­nase yang ada dipinggir rest area. Dulu ada gorong-go­rong pembuangan air me­lintas jalan menuju ke laut, tetapi karena perjalanan waktu, bisa saja tidak ber­fungsi.

Baca Juga : Mubaligh: Perbanyak Taubat Selagi di Bulan Ramadhan

Disisi lain, lokasi rest area, memang posisinya ke­rendahan, posisi jalan lebih rendah, jadi hujan sedikit, air tumpek ke rest area. Dan lagi da­erah itu adalah rawa be­rupa kantong air.

Kondisi jalan yang ada di rest area itu, juga jalan na­sional, jadi untuk per­bai­kanya kita kontak ke balai jalan wilayah II, karena mereka yang punya we­we­nang soal jalan ini.

Baca Juga : Berbuka Puasa Sembari Menikmati Nuansa Tepi Bukit dengan Pemandian Air Panas Alami di Solsel

Jika pemko membuat saluran buang  dari drainase yang ada di kawasan tersebut arah ke laut, tentu membelah jalan, jadi koordinasi dulu dengan Balai, kata Mu­lia­wan. “Kita surati Balai dulu untuk membenahi ini, biar hasilnya lebih maksimal,” kata Kabid tersebut.

Dari pantuan Haluan kemarin itu, banyak pihak yang menyayangkan ge­na­ngan air di lokasi rest area tempat berlangsungnya lo­kasi launching. Dan sebe­lumnya sudah dibantu me­ngurangi genangan dengan mesin pompa air. (h/tri)

Baca Juga : Terapkan Prokes Ketat, Pesantren Ramadan Kembali Digelar Pemko Padang Panjang


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]