Oknum Polisi dan Hakim Terlibat Narkoba


Jumat, 21 Agustus 2015 - 19:57:18 WIB
Oknum Polisi dan Hakim Terlibat Narkoba

Tim gabungan menggerebek salah satu kamar dan kedua tersangka sempat berusaha kabur dari jendela kamar tersebut. Namun setelah dikenajr keduanya berhasil ditangkap tanpa perlawanan. Setelah ditangkap, kedua tersangka langsung digeledah dan didapati barang bukti berupa paket sabu-sabu ukuran sedang. Setelah mengum­pulkan barang bukti, selanjutnya kedua tersangka bersama dengan barang bukti diamankan di Mapolresta Padang.

Baca Juga : Pemerintah Putuskan WNI dari India Boleh Masuk Indonesia dengan Prokes Ketat, Karantina 14 Hari

Perilaku melawan hukum oleh Bripka AK (34) anggota Polda Sumbar yang beralamat Komplek Perumahan Cendana Mata Air, Kecamatan Padang Selatan, dan MYT (37) oknum hakim PTUN warga Jalan Jati Adabiah, Kecamatan Padang Timur sangat disesal­kan. Mestinya mereka selaku personel yang bertugas di instansi penegak hukum seharusnya menjaga kewi­bawaan hukum dan menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat, tetapi kenyataannya justru memberi contoh yang buruk. Keduanya tentu mencoreng dan membuat malu lembaga tempat mereka bekerja yakni Polda Sumbar dan PTUN Padang.

Keduanya juga tidak mengindahkan program pe­me­rin­­tah­ memberantas peredaran bebas dan penya­lahgunaan nar­­kotika  di tengah-tengah masyarakat. Karena itu sudah se­pantasnya AK dan MYT menerima hukuman yang lebih be­rat disbanding masyarakat biasa. Semoga saja hukuman yang diterima kelak di pengadilan dapat menjadi shock the­rapy dan pembelajaran penting dalam kehidupan ke­dua­nya. Dengan demikian mereka bisa menata hidup lebih ba­ik lagi dan tidak lagi menjadi contoh negative di ma­sya­ra­kat.

Baca Juga : MAKI: Apa Urusan Wakil Ketua DPR Kenalkan Penyidik KPK ke Walkot Tanjungbalai?

Sabu murni berbentuk kristal putih. Merupakan golongan obat stimulan jenis Metamphetamine yang satu derivat turunan dengan Amphetamine yang terkandung dalam pil ekstasi. Banyak orang menggunakan zat ini untuk mendapatkan efek psikologis. Efek yang paling diinginkan pemakain adalah perasaan euforia (senang yang sangat berlebihan). Sabu-sabu juga menimbulkan efek meningkatnya kepercayaan diri, harga diri dan pening­katan libido. Pemakai sabu bisa tampil penuh percaya diri tanpa ada perasaan malu sedikit pun dan menjadi orang yang berbeda kepribadian dari sebelumnya.

Pemakaian sabu apalagi yang berlebihan menyimpan potensi bahaya besar untuk kesehatan fisik. Efek stimulan pada obat ini menyebabkan kerja jantung dan pembuluh darah tubuh menjadi berlebihan. Peningkatan tekanan darah baik sistolik dan diastolik sangat nyata pada penggunaan sabu. Hal ini akan dibarengi tentunya dengan denyut jantung yang kencang. Tidak heran jika jenis narkotika ini akan membawa dampak sangat berbahaya bagi penderita hipertensi atau darah tinggi.

Baca Juga : Tak Segera Reshuffle Kabinet, PKS: Tunjukkan Jokowi Lemah

Selain itu, sabu bisa menimbulkan efek kejang sampai perdarahan otak. Seringkali juga didapatkan efek peningkatan suhu tubuh yang tinggi sehingga menye­babkan demam luar biasa pada penggunanya. Pe­ningkatan suhu tubuh yang berlebihan sangat berbahaya karena juga sangat mempengaruhi otak dan dapat menimbulkan kejang. Banyak pasien-pasien yang mempunyai riwayat pemakaian zat sabu di masa lalu, walaupun sudah lama tidak memakai, namun mereka yang masih merasakan gejala sisa. Kebanyakan dari mereka merasa sulit merasakan kebahagiaan lagi selain gejala-gejala psikosomatik yang menetap.

Hal ini disebabkan karena pemakaian sabu-sabu yang la­­ma akan merusak sistem serotonin dan dopamin di otak. Pe­­nanggulangan pasien dengan kondisi seperti ini me­mer­lu­kan waktu yang lebih panjang daripada kondisi psi­ko­so­ma­tik yang tidak terdapat riwayat pemakaian zat sebelumnya. Maka dari itu, bagi yang masih meng­gunakan sabu-sabu atau zat stimulan lain seperti ekstasi untuk mulai sadar dan berhenti menggunakannya karena efek yang bukan hanya sementara tapi juga jangka panjang terhadap otak. **

Baca Juga : 117 WN India Masuk ke RI Disebut Punya Izin Tinggal

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]