Demonstran Tuntut KPU Netral dan Terbuka


Ahad, 23 Agustus 2015 - 19:10:26 WIB
Demonstran Tuntut KPU Netral dan Terbuka

Sesampai di depan kantor KPUD, dihambat oleh petugas yang sudah bersiaga. Pagar KPU ditutup dan massa tidak diperbolehkan masuk ke halaman KPU. Disana, massa langsung m­e­nyampaikan orasi yang ditujukan ke KPUD Limapuluh Kota.

Baca Juga : Perdagangan Miras, Pemkab Solsel Telah Melarang Secara Aturan

Para pendemo membentangkan tiga spanduk berukuran 1 x 3 meter. Diantaranya bertuliskan; “Kami Masyarakat Kabupatan Limapuluh Kota Terdi­ri Dari 13 Kecamatan meminta KPU Li­mapuluh Kota, melaksanakan Pemilu Kada dengan bermartabat.” Seterusnya, “Orasi Damai Ma­syarakat Limapuluh Kota dalam rangka penyam­butan Kada Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015”.

Spanduk lainnya bertuliskan “Pasangan Calon Yang Tidak Memenuhi Persyarakat Sesuai Peraturan KPU Agar Dibatalkan Sebagai Daftar Calon Tetap Bupati & Wakil Bupati Limapuluh Kota Tahun 2015”. Kelompok massa dengan wajah khas anak nagari yang lugu dan polos itu kemudian terlihat berbaris dengan teratur. Sebanyak tiga orator memimpin orasi di hadapan Kapolres dan aparat keamanan. Intinya, mereka meminta KPU sebagai penyelenggara Pilkada di Limapuluh Kota untuk taat hukum dan tidak melenceng dari aturan-aturan yang ada.

Baca Juga : Sumbar Bakal Konsumsi Produk Organik Nutrisi Alami Laa Roiba

Dalam orasinya, massa meminta KPU trans­paran dalam setiap proses Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota. Begitu juga, KPU diminta taat dan mengacu pada PKPU dalam menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Lima­puluh Kota kedepan. Massa berjanji akan me­nga­wal terus proses Pilkada Limapuluh Kota. Orasi selama 30 menit tersebut turut didengar Ka­pol­res Limapuluh Kota AKBP Tri Wahyudi ser­ta Ketua KPU Ismet Aljanatta, Komisioner KPU Ilham Yusardi, Budi Mulya dan staf lainnya.

Sementara, Ismet Aljannta Ketua KPUD Limapuluh Kota menyarankan massa, untuk melaporkan dugaan kejanggalan Pilkada ataupun prosesnya kepada Panwaslu. “Terimakasih kepada bapak-bapak dan masyarakat yang hadir ke sini. KPUD akan menjamin netralitas dan transparansi dalam Pilkada,”pungkas Ismet. (h/ddg/zul)

Baca Juga : Selama Bertugas Jadi Gubernur Sumbar, Mahyeldi Tak Ingin ASN Pemprov Terlibat Kasus Hukum

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]