Dana Desa Tahap Pertama Harus Segera Disalurkan


Ahad, 23 Agustus 2015 - 19:16:51 WIB
Dana Desa Tahap Pertama Harus Segera Disalurkan

“Meski memang belum bisa digunakan, namun hal ini harus segera dilakukan agar penyaluran dana desa tahap dua tidak terganggu. Kita minta agar akhir Agus­tus penyaluran ke rekening desa dan nagari penerima sudah tuntas dilakukan,” paparnya.

Baca Juga : 1 Hektare Sawah di Gurun Laweh Padang Rusak Akibat Diserang Hama Wereng

Penyaluran dana desa ini kata Syafrizal akan dila­kukan tiga tahap. Yaitu tahap pertama pada bulan Mei sebesar 40 persen, tahap kedua Agustus sebesar 40 dan tahap ketiga sebesar 20 persen yang akan dilakukan pada akhir Oktober men­datang.

Di Sumbar sendiri kata Syafrizal, ada 14 daerah yang nantinya akan mendapatkan dana ini, 12 kabupaten dan 2 kota. Kota yang masih me­nerima dana ini yaitu Kota Sawahlunto dan Paria­man.

Baca Juga : Hendri Septa Lepas 30 Pejabat Eselon III Pemko Padang Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator

“Karena di dua kota ini masih ada desa, jadi mereka mendapat dana ini. Untuk Sumbar ada 880 nagari dan desa, yang nantinya akan mendapat Rp300 per nagari/desa,” jelasnya.

Ditambahkan Syafrizal, hingga saat ini belum ada petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pe­laksana (juklak) peng­gunaan dana itu. se­hingga masih banyak daerah yang belum berani mencair­kan dana desa yang telah dikirim ke rekening kabu­paten/kota masing-masing.

Baca Juga : PLTU Teluk Sirih Disiapkan Pemko Padang untuk Ketersediaan Energi Listrik Bagi Investor

“Akan lebih baik me­nunggu juklak­nya dulu. Karena, jika penggunaannya nanti tidak sesuai dengan juklak yang terbit, ini bisa menjadi te­muan,” jelas­nya.

Selain itu kata Syafrizal belum adanya pendamping dan pelatihan wali nagari juga menjadi faktor dana ini belum bisa direalisasikan. Se­dangkan jadwal pelatihan tersebut diundur pada September mendatang.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Minggu 28 Februari 2021

“Kita mendesak peme­rintah pusat untuk mela­kukan pelatihan. Kemung­kinan awal Sep­tember dana ini bisa dicair­kan setelah dilakukan pelatihan,” je­lasnya.

Sementara, untuk peng­gunaan dana desa ini, ran­cangannya telah dibuat oleh peme­rintah daerah. Ke­mudian, untuk keten­tuan­nya, dana ini hanya boleh digunakan untuk pemba­ngunan fisik. (h/mg-isr)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]