Disperindagtamben Belum Tertibkan Miras


Ahad, 23 Agustus 2015 - 19:17:23 WIB
Disperindagtamben Belum Tertibkan Miras

Pantauan Haluan, Jumat (20/8) malam di sekitar kawasan Pondok, terdapat beberapa warung masih menjual miras berbagai merek, yang seharusnya tidak dijual lagi setelah sosialisasi lebih dari tiga bulan.  Terlihat para pembeli di warung tersebut mayoritas berasal dari kalangan remaja. Hal tersebut seperti tidak ada perbedaan penjualan miras sebelum dan sesudah Permendag nomor 6 tahun 2015 diterapkan.

Baca Juga : 1 Hektare Sawah di Gurun Laweh Padang Rusak Akibat Diserang Hama Wereng

Menurut Sekretaris Disperindagtamben Pa­dang, Nasril menjelaskan, pengawasan me­mang sudah dilakukan oleh badan pengawasan. Namun tindakan belum dilakukan, karena masih dalam tahap pengawasan dan belum sampai pada tahap tindakan. “Makanya, kita minta kepada mall dan hotel, serta tempat penjualan miras untuk me­nyikapi edaran yang sudah kita berikan,” katanya.

Namun, pihaknya bersama dengan petugas penegak perda dan pihak kepolisian nantinya pasti turun. Tinggal koordinasi dengan pihak terkait saja, karena untuk menindaklanjuti Per­mendag tersebut secara tidak langsung me­mang melibatkan pihak penegak perda yakni Sat­pol PP dan kepolisian. “Akan kita koor­dina­si­kan dengan pihak-pihak yang memiliki lan­da­san hukum untuk mem­berantas miras dijual bebas,” ujarnya.

Baca Juga : Hendri Septa Lepas 30 Pejabat Eselon III Pemko Padang Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator

Di Kota Padang  pengawasan peredaran miras sudah dilakukan dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang Nomor 8 tahun 2012 tentang pengawasan, pengendalian dan pelarangan minuman beralkohol. Menurutnya, Kementerian Perdagangan punya kewajiban untuk melindungi konsumen, yaitu menjaga keamanan dan kesehatan konsumen. Sedangkan penjualan miras saat ini masih dinilai terlampau bebas, sehingga menimbulkan kekhawatiran terciderainya hak konsumen karena pemerintah tidak menjalankan kewajiban.

“Sebelumnya, peraturan membatasi pen­jualan minuman beralkohohol sampai lima persen dan minuman beralkohol tidak boleh dibeli di bawah umur 21 tahun. Tapi, banyak yang melanggar,” tutupnya. (h/ows)

Baca Juga : PLTU Teluk Sirih Disiapkan Pemko Padang untuk Ketersediaan Energi Listrik Bagi Investor

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]