Ditolak Anjungan Sumbar, Ditampung di Anjungan Sumut


Ahad, 23 Agustus 2015 - 19:29:47 WIB
Ditolak Anjungan Sumbar, Ditampung di Anjungan Sumut

“Empat hari saya tidur di musala Anjungan Sumbar dan pada hari kelima saya ditam­pung dan diberi pengi­napan di Anjungan Sumut,” ujar Body Dharma kepada Haluan usai pembukaan Pa­­me­ran Sketsa Indonesia, di Anjungan Sumut, Sabtu (22/8).

Baca Juga : Pemerintah Ingin Setop Impor BBM, PKS: Jangan Sekedar Pepesan Kosong

Sketsa yang dipamerkan adalah hasil karya Body Dharma yang dibuatnya sela­ma hampir 2 bulan. Seluruh anjungan yang ada di TMII dibuatkan, termasuk Anju­ngan Sumbar. Pameran ter­sebut berlangsung hingga 29 Agustus.  ”Ada 80-an yang saya buat karena ada satu anjungan dibuat sampai 4,” jelas Body Dharma.

Body mengisahkan, dia menciptakan sketsa Indo­nesia tersebut karena menja­lankan pesan seniman al­mar­hum Hamid Djabar. “Al­marhum pernah berpe­san kepada saya bahwa saya harus membuat karya besar dan me­nasional. Ka­rena itulah saya datang ke TMII ini untuk mem­buat sketsa seluruh anjungan yang ada di sini,” pa­parnya.

Baca Juga : PKS Kota Batam Targetkan Perolehan Kursi Dua Kali Lipat di Pemilu 2024

Waktu hari pertama datang ke TMII, Body langsung berkarya dan malamnya menginap di mu­sala Anjungan Sumbar. Setelah menginap 4 hari di musala, dia menemui Kepala UPTD Anju­ngan Sumbar, Mulyadi untuk sekedar diberi tempat menginap yang layak di anjungan tersebut.

Dia menjelaskan kepada Mul­yadi tentang misinya datang ke TMII tersebut. Namun ke­ingi­nannya ditolak oleh Mulyadi. “Nanti semua orang yang datang dari Sumbar meminta mengingap di sini,” kata Mulyadi seperti dikutip Body Dharma.

Baca Juga : Daftarkan Logo Partai atas Nama SBY, Ketua DPC PD Dharmasraya: Cegah Penyalahgunaan oleh Pihak Lain

Setelah ditolak Mulyadi, Body Dharma terus membuat karya. Pada hari kelima di TMII, dia membuat sketsa Anjungan Su­mut. Saat membuat sketsa An­jungan Sumut tersebut dia dite­mui kepala Anjungan Sumut Tatan Daniel. Dia menjelaskan tentang misinya tersebut. Ketika Tatan menanyakan tempat mengi­napnya, dia pun menyebutkan di musala Anjungan Sumbar.

”Alhamdulillah pak Tatan menawarkan saya menginap di Anjungan Sumut ini. Saya dikasih kamar yang layak untuk menginap hampir selama 2 bulan ini. Bah­kan pak Tatan pula yang mena­warkan kepada saya untuk pa­meran sketsa karya saya ini,” ujar Body.

Baca Juga : DPC Partai Demokrat Dharmasraya Sampaikan Surat Pengaduan dan Perlindungan Hukum ke Polres Setempat

Ketika dikonfirmasi Haluan kepada Tatan, dia membenarkan. “Siapa yang tidak kenal pada Uda Body, beliau adalah seniman besar yang perlu kita perhatikan dan kita beri tempat yang layak. Setelah melihat beberapa hasil karyanya selama di TMII ini, saya menawar­kan kepada beliau untuk dipamer­kan di Ajungan Sumut ini dan beliau­pun menerimanya,” ujar Tatan.

Tidak Kecewa

Body Dharma yang juga per­nah sukses menggelar pameran sketsa di Anjungan Sumbar ketika dipimpin Yusman Yusbar, tidak merasa kecewa dengan sikap Kepala UPTD Anjungan Sumbar Mulyadi tersebut.

”Saya tidak kecewa. Mungkin dia yang menjadi wakil Sumbar di TMII ini tidak paham dan tidak memiliki wawasan Minangkabau. Seharusnya dia sebagai wakil Sumbar di sini bukan uang saja yang dicari, tapi juga moral. Ambo diukua jo kepeng-kepeng dan ambo memang indak punyo kepeng. Kalau adoh nan baralek itu nan labih diutamokan karena adoh kepengnyo,” ujar Body.

Body Dharma lebih menya­lahkan pejabat yang mengangkat Mulyadi sebagai Kepala UPTD Anjungan Sumbar. “Yang salah itu adalah pejabat yang me­ngang­kat dia. Kalau seperti ini tetap dipertahankan maka bisa hancur Anjungan Sumbar itu,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Anjungan Daerah Sigit Gunardjo yang mewakil Direksi TMII menyambut baik kreativitas yang dilakukan Body Dharma. “Ide-ide seperti ini harus didukung. Pihak TMII menyambut baik dan mari kita dukung bersama-sa­ma,” himbau Sigit.

Semula pameran karya Body Dharma tersebut akan dibuka oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, tapi berhalangan hadir. “Pak Fadli Zon adalah salah seorang kolektor sketsa karya Uda Body, dia berhalangan hadir. Beliau juga berjanji akan menggelar serupa karya Uda Body di DPR,” kata Kepala Anjungan Sumut Tatan. (h/sam)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]