Jangan Malu Punya Anak Disabilitas


Senin, 24 Agustus 2015 - 18:23:51 WIB
Jangan Malu Punya Anak Disabilitas

“Saya senang ketika anak saya dengan antusias ikut lomba  melukis. Apa­lagi, guru-guru disekolah juga memperhatikan apa yang dinginkan oleh sang anak, sehingga besar ke­mungkinan jika sudah besar bisa menata masa depannya sendiri,” papar Bu Sarah salah seorang wali murid penyandang disabilitas.

Baca Juga : Selama Ramadan dan Idulfitri 1442 Hijriah, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik Hingga 49%

Ia berharap, pemerintah harus memperhatikan apa-apa yang diinginkan oleh anak disabilitas. Jangan jadikan anak disabilitas sebagai beban bagi pe­me­rintah.

“Harus ada dorongan, jika tidak anak-anak disa­bilitas tidak akan tumbuh untuk meniti masa depan­nya. Seperti membiasakan atau anak-anak sekolah biasa bisa menghormati temannya penyandang disa­bilitas,” harapnya.

Baca Juga : Wajib Tahu, Saat Ekor Kucing Mendadak Mengembang Artinya Begini

Serupa dengan Sarah, orang tua dari penyandang disabilitas yang bernama Muserda bisa bernafas lega. Karena anak-anak penyan­dang disabilitas sudah ada sekolah khususnya. Kalau dahulu memiliki anak disa­bilitas bak memiliki anak balita seumur hidup.

“Sekarang ada sekolah yang mengajarkan mereka banyak hal,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid pemberdayaan perempuan dan pelindungan anak di BPMPKB Dewi Ria me­nuturkan lomba-lomba yang diikuti oleh anak-anak penyandang disabilitas ada empat lomba yakni lomba puisi, lomba fashion show, lomba melukis dan lomba menyusun Puszle. Peserta lomba mulai dari SD hingga SMA yang berasal dari se­ko­lah SLB se Kota Padang.

“Kegiatan ini masih da­lam rangkaian menyambut hari anak nasional. Anak-anak disabilitas juga kita beri ruang untuk berkreasi mengeluarkan ide-ide me­reka ke atas kertas, puisi, fashion show dan menyusun Puszle,”jelasnya.

Ia berharap, dengan ada­nya lomba seperti ini bisa memancing kreatifitas anak-anak penyandanh di­sa­bilitas ke depanya. Orang tua penyandang disabilitas juga harus bisa menga­ko­modir dan memberikan kesempatan kepada anaknya untuk mengenyam pendi­dikan. Sama seperti anak-anak normal lainya.(h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]