Anggota Dewan Tidak Setuju Kebijakan Pemko


Senin, 24 Agustus 2015 - 18:46:08 WIB
Anggota Dewan Tidak Setuju Kebijakan Pemko

Ketika mendengar kebe­ranian Dinas Pasar untuk membangun terminal di Kom­pleks Iwapi tahun ini, DPRD terkejut. Wakil DPRD Padang dari fraksi Golkar, Wahyu Iramana Putra tidak setuju dengan tindakan atau kebijakan dari Pemko Pa­dang. Lagipula, pihaknya akan menanyakan kepada pedagang bagaimana penyelesainnya, sehingga pedagang tidak di­rugikan. Pihak DPRD me­nga­ku belum diajak mem­bicarakan persoalan tersebut.

Baca Juga : Jelang Safari Ramadan, Hendri Septa Berikan Arahan Pada 66 Pengurus Masjid dan Musala

“Boleh pemko mencari pihak ketiga, seperti SPR. Tetapi harus jelas aturannya, bagaimana pedagangnya, serta hitung-hitungannya seperti apa,” kata Wahyu Iramana Putra, Senin (24/8).

Dikatakannya, jika me­nyangkut persoalan Iwapi atau membuat terminal di Iwapi harus persetujuan DPRD. Itu bukan per­min­taan DPRD saja, Un­dang-undang yang mengatur jika melibatkan pihak ketiga dalam pembangunan harus diketahui DPRD.

Baca Juga : Pembangunan Sea Wall di Padang Telan Anggaran Rp19,1 Miliar

“Ini bukan sekedar mem­buat terminal saja, harus ada kejelasan dari SPR, wa­lau­pun sebenarnya pihak SPR mampu. Pedagang apa yang diperolehnya, pemba­yaran royalti kepada Pemko Pa­dang seperti apa,” jelasnya.

Wahyu Iramana Putra juga meragukan pihak SPR untuk membuat sekaligus mengelola terminal. Karena royalti kepada pemko saja hingga sekarang pihak SPR masih menunda pem­ba­ya­ran. “Pembangunan ter­minal ini harus jelas, pihak SPR saja masih menunggak pem­bayaran royalti kepada pem­ko. Apakah pemko sudah tidak ingat, bahwa tempat SPR berdiri saat ini dulunya terminal dan diserahkan ke SPR untuk di bangun mall. Terus pemko dapat apa,” tantang Wahyu.

Baca Juga : Ragam Tradisi Jelang Ramadan, Begini Tanggapan Cadiak Pandai di Padang

Ditambahkan anggota DPRD Padang, Faisal Nasir tidak menjadi persoalan, jika dibangun terminal di Kom­pleks Iwapi. Tetapi, pemko harus memikirkan dengan sejelas-jelasnya nasib pe­da­gang yang memiliki Kom­pleks Iwapi.

“Kemana pedagang akan dipindahkan, apakah pemko sudah tahu atau punya ren­cana. Jangan hanya me­mikirkan pembangunan sa­ja, tanpa memikirkan na­sib pedagang,” ucapnya.

Baca Juga : Jelang Puasa, Masyarakat Padang Mulai Laksanakan Ziarah Kubur

Sementara GM SPR, Carles Tinungki ketika dihu­bungi Haluan melalui tele­pon genggamnya me­nye­butkan, siap mem­bangunan terminal, karena itu untuk membenahi pasar juga. “Kami siap saja,” pa­parnya.

Carles Tinungki tidak bisa berbicara panjang lebar, karena dalam perjalanan. Intinya, pihak SPR jika dimintai pemko mem­ba­ngun terminal akan mem­pertimbangkan. Ka­rena, ini untuk perbaikan kemacetan Pasar Raya Padang, seka­ligus perhatian kepada Pem­ko Padang. “Jika kita di­minta kita akan siap, jelas dengan perhitungan yang akurat,” tutupnya.

Terpisah, Ketua Kesa­tuan Pedagang Pasar Raya Padang, Asril Manan kepada Haluan, Senin (24/8) me­ngatakan, sebanyak 279 pedagang Iwapi Pasar Raya Padang siap dipindahkan, asalkan Pemko Padang bisa memberikan ganti toko, bukan ganti rugi. “Tidak ada masalah sebenarnya terha­dap semua pedagang, asal­kan sesuai dengan keinginan dan kesepakatan,” ujarnya.

Dikatakannya, semua pedagang bersuara, bahwa tempat mereka berdagang adalah merupakan sawah tempat mencari makan. Maka tidak perlu ganti rugi, namun disediakan tempat untuk pemindahan. Suara-suara pe­dagang tersebut sudah di­sampaikan kepada Dinas Pasar dan Walikota Padang.

Kepala Dinas Pasar, Endr­izal mengatakan, pihaknya sudah mencoba melakukan pendekatan kepada pihak pengembang. “Kita sudah memanggil investor dan me­la­­kukan diskusi terkait Kom­­pleks Iwapi siap di­ba­ngun,” katanya.

Endrizal menyebutkan, pihak pemko siap mem­fasilitasi asalkan pedagang bisa berniat yang tulus dan ada kesabaran serta bisa diajak bekerja sama. “Untuk trayek, akan kita diskusikan dengan Dinas Perhubungan nantinya,” ujar Endrizal.

Dalam waktu dekat, lan­jut Endrizal, akan ada pe­rtemuan dengan pedagang dan pengembang untuk mem­bicarakan kelanjutan pasti akan hal ini. “Semua harus dengan proses dan efektif, untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan,” paparnya. (h/ows/mg-win)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]