Penyaluran Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Dialihkan


Selasa, 25 Agustus 2015 - 19:33:34 WIB
Penyaluran Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Dialihkan

Sekretaris Dinas Pen­didikan Pemuda dan Olah­raga Sawahlunto, Eidwar menjelaskan,untuk men­dukung keberlanjutan pen­didikan mahasiswa berpres­tasi yang berasal dari ke­luarga kurang mampu, sejak beberapa tahun terakhir Pemko Sawahlunto terus menganggarkannya dalam bentuk program beasiswa pendidikan mahasiswa ber­prestasi, dimana tahun ini kembali dianggarkan se­besar Rp 1,9 miliar.

Baca Juga : Selama Larangan Mudik, Sebanyak 300 Kendaraan Disuruh Putar Balik di Sumbar

“Tapi beasiswa yang te­lah dianggarkan itu belum dapat dicairkan kepada mas­ya­rakat, karena adanya ben­turan akibat aturan dari Kemendagri. Dan hal ini menjadi dilema tersendiri oleh pemerintah kota. Disa­tu sisi sangat dibutuhkan masyarakat, disisi lain ter­bentur aturan yang berlaku,” sebutnya.

Solusinya, lanjut Eidwar, Pemko mengambil kebija­kan mengalihkan dana bea­siswa tersebut dari anggaran Dinas Pendidikan yang di­ma­sukkan ke dalam angga­ran dana hibah bansos di Dinas Pendapatan, Penge­lolaan keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) pada perubahan anggaran tahun 2015.

Baca Juga : Dibangun dalam Waktu Sangat Singkat, Masjid Ihsan Sungai Patai Sudah Dibuka

“Dalam Peraturan Men­teri Dalam Negeri (Permen­dagri), pemberian dalam bentuk uang kepada masya­rakat tidak boleh diang­garkan melalui kegiatan SKPD, tetapi boleh dalam bentuk hibah bantuan sosial yang ditujukan sebagai re­ward atau prestasi, karena itu pencairan dana beasiswa ditahun 2014 lalu dianggap sebagai temuan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Ke­pa­la DPPKAD Sawahlunto Buyung Lapau mem­benar­kan anggaran beasiswa itu akan dimasukkan dalam anggaran dana hibah bansos, dan sedang dilakukan pem­bahasan perubahan anggaran tersebut bersama DPRD.

“Kemungkinan penge­sahan anggaran perubahan oleh DPRD akan dilakukan pada 25 Agustus mendatang, seterusnya akan ada evaluasi oleh gubernur setidaknya pencairan beasiswa sendiri baru bisa dilakukan sekitar bulan November 2015,” kata Buyung Lapau.

Untuk regulasinya, sebut Buyung Lapau, beasiswa yang berada pada DPPKAD ini akan kita serahkan kepa­da Dinas Pendidikan Pemu­da dan Olahraga, sementara Pemko sedang menyiapkan standar prosedur yang sesuai dengan saran BPK RI, bea­siswa itu hanya untuk anak dari keluarga yang kurang mampu. (h/mg-rki/hel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]