Cegah Virus MERS, Jangan Berfoto dengan Onta


Selasa, 25 Agustus 2015 - 19:47:36 WIB
Cegah Virus MERS, Jangan Berfoto dengan Onta

“Kita berharap JCH tidak dekat-dekat dengan onta apalagi berfoto dengan menaiki onta,” terangnya.

Baca Juga : Pemko Padang Gelar Bimtek PPRG Tahun 2021

Dikatakan Nila, mengingat kebanyakan calon haji di Indonesia pada umumnya berusia lanjut sehingga sangat rentan tertular oleh virus Mers. “Rata-rata yang berangkat itu di kisaran umur 60 – 65 tahun dimana kondisi tubuh sudah lemah,” paparnya.

Dilanjutkan Nila, selain itu JCH juga diimbau untuk menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah haji. “Misalnya saja se­belum makan harus cuci tangan. Memang hal ini sederhana namun akan sangat mempengaruhi ke­sehatan, virus bisa menular mela­lui tangan yang kotor,” ujarnya.

Baca Juga : Pandemi Belum Reda, Warga Padang Takut Berobat ke Puskesmas

Nila juga mengingatkan agar JCH selama beraktivitas di Tanah Suci agar menggunakan masker. Ini untuk mencegah agar virus MERS ini tidak langsung me­nulari. “Yang penting terapkan pola hidup sehat agar semua rangkaian ibadah haji dapat di­lak­sanakan dengan sempurna. Kami dari Kementerian Kese­hatan memang ber­harap pada media akan menginformasikan hal ini,” tu­kasnya.

Saat ini kata Menkes pihaknya terus melakukan pencegahan agar virus ini tidak masuk ke Indonesia baik itu menempatkan alat scan­ner di bandara dan tetap ke­ramaian lainnya.

Baca Juga : Jumlah Penerima BST di Padang Berkurang 2 Ribu KPM

“Saat ini memang sudah be­ragam yang namanya penyakit. Setelah virus MERS kali ini ada virus baru dari gajah. Jadi, virus ini terus berkembang sehingga kita dituntut untuk menerapkan hidup sehat,” tutupnya.(h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]