Melemahnya Rupiah Pengaruhi Perputaran Perekonomian


Rabu, 26 Agustus 2015 - 19:38:57 WIB

Menurut Puji, tidak ada yang perlu dikhawatirkan masyarakat dengan semakin melemahnya rupiah terse­but. BI tetap terus hadir di pasar dan melakukan inter­vensi pasar untuk menga­tasinya. “Hemat saya, per­lemahan ini ada dimana-mana dan hari ini dollar sedikit melemah dibanding hari kemarin,” tambahnya.

Dikatakannya, nilai tu­kar rupiah memang sempat melemah Kemarin hingga hari ini, walau sempat me­nguat dan menanjak namun tampaknya Nilai Tukar Ru­piah harus takluk dengan Kurs Dollar yang semakin perkasa hingga IHSG ditu­tup Kemarin sore. Nilai tukar rupiah terhadar kurs Dollar di titik Rp14.049 per  Dollar atau turun sekitar 0,78 %.

Puji juga menegaskan, meski rupiah melemah, na­mun keadaan ekonomi ti­daklah kian buruk. Di ber­bagai pihak tentunya sedang melakukan berbagai macam cara untuk mengatasinya. “Salah satu caranya juga bisa dengan mengurangi kuota untuk pembelian valas,” pungkasnya.

Sementara itu, dampak kian buruk juga dirasakan oleh pengusaha komoditas. Wat Hamzah, pengusaha komoditas di kawasan Pon­dok Padang Selatan menu­turkan dengan melemahnya perekonomian membuat usaha komoditasnya me­ngalami kemunduran dan perlambatan. Sehingga peng­hasilanpun tidak seperti selayak biasanya. “Saya cu­ma bisa berharap rupiah bisa cepat kembali menguat karena pastinya akan mem­pengaruhi perputaran per­ekonomian Sumbar,” ha­rapnya. (h/mg-win)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]