SISCA 2015 Akan Jadi Pesta Rakyat Sawahlunto


Rabu, 26 Agustus 2015 - 19:39:34 WIB
SISCA 2015 Akan Jadi Pesta Rakyat Sawahlunto

“Carnival Songket dila­kukan dalam bentuk pawai budaya yang menampilkan berbagai kreasi busana ber­bahan songket yang dila­kukan dalam bentuk parti­sipasi masyarakat, orga­nisasi sosial, dinas instansi, BU­MN, BUMD sekolah dan lainnya.Pawai ini me­nam­pilkan icon unik yang ke­mudian hasil kreasi akan dilombakan dengan hadiah menarik,”sebutnya.

Baca Juga : Brutal! Aksi Penembakan Membabibuta Tewaskan Delapan Orang di Indianapolis AS

Selain carnival sebut bapak tiga anak ini,pada Sisca 2015 itu juga akan digelar Pameran Songket internasional, dimana pa­meran songket tersebut akan menampilkan keane­karaga­man songket nu­san­tara teru­tama somgket Su­matra Barat seperti Songket Silungkang, Pandai Sikek, Songket Ung­gan, Songket Muaro, Song­ket Halaban serta songket luar Sumbar dan Songket luar negeri seperti malaysia.

Ditambahkannya, nanti juga dilaksanakan konfrensi songket nusantara dalam bentuk seminar yang mem­bicarakan songket sebagai aset budaya dan pengem­bangannya dengan peserta terdiri dari pemerhati song­ket, peserta pameran song­ket, praktisi budaya, disainer serta pemerhati dengan nara sumber diantaranya Dirjend industri Kecil dan me­ne­ngah RI serta dari kemen­trian Perdagangan.

Baca Juga : Pentagon Konfirmasi Kemunculan UFO, dari Bulat hingga Lonjong

“Melalui Sisca 2015 ini Pemko Sawahlunto ingin lebih mempromosikan dan melestarikan Songket Si­lung­kang, yang juga akan diajukan sebagai warisan dunia tak benda, yang nan­tinya seluruh masyarakat dunia tahu Songket Silung­kang merupakan salah satu bagian sejarah penting da­lam perkembangan negara ini yang telah diwariskan secara turun temurun” ung­kapnya.

Sementara itu Ketua Pa­nitia kapala Dinas perin­dagkopnaker Sawahlunto Deswanda didampingi Ka­bag Humas Zainul Anwar menerangkan panitia me­nye­diakan sejumlah uang dengan total Rp75,5 juta bagi pemenang dari kriteria perorangan maupun beregu yang berhasil menampilkan kreasi unik yang berbahan Songket Silungkang.

Baca Juga : Gawat! RS India Kewalahan Hadapi Ledakan COVID-19, Seranjang Ditempati 2 Pasien

Selain itu juga digelar lomba fo­tografi seputar kegiatan kar­naval Songket. Bagi karya foto terbaik berhak meraih hadiah uta­ma sebesar Rp15 juta, terbaik dua Rp10 juta dan terbaik ketiga Rp5 juta selanjutnya, bagi sepuluh foto terbaik lainnya juga akan diberikan hadiah ma­sing-masing Rp1 juta.

“Khusus untuk tema Ko­­ta Tua, peserta akan mem­­perebutkan hadiah utama sebesar Rp2,5 juta, yang disusul dengan peringkat kedua dan ketiga masing-masing Rp1,5 juta dan Rp1 juta,Untuk sepu­luh hasil foto terbaik lain­nya, lanjutnya, para peserta akan men­da­patkan hadiah masing-ma­sing Rp500 ri­bu,” jelas­nya.(h/mg-rki)

Baca Juga : Gara-gara Ritual 'Balimau', Lebih 1.000 Orang Kena Corona

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]