10 Penerbangan di Palembang Ditunda


Rabu, 26 Agustus 2015 - 20:03:24 WIB
10 Penerbangan di Palembang Ditunda

Sejumlah warga yang ber­­mukim di kawasan ban­dara itu mengatakan bahwa aktivitas sehari-hari mulai terasa terganggu dampak dari kabut asap tersebut.

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

“Demikian juga aktivitas penerbangan pesawat udara mengalami gangguan dan terjadi keterlambatan pe­nerbangan, ataupun pe­nun­daan akibat kabut asap yang menyelimuti kawasan ban­dara,” kata koordinator pe­ngamanan harian Bandara Sultan Mahmud Ba­darud­din II Palembang, Guna­wan.

Menurut dia, berda­sar­kan informasi dari BMKG setempat bahwa beberapa hari terakhir tingginya titik panas yang mulai terbakar di lahan hutan, terutama bera­sal dari lahan gambut di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir.

Baca Juga : Perkuat Infrastruktur Digitalisasi Partai, Anis Matta Resmikan Gelora Media Centre

Dikatakannya, dari pan­tuan pagi hari ini saja ada dua penerbangan pesawat mengalami keterlambatan pendaratan atau landing, karena jarak pandang dam­pak dari gangguan kabut asap hanya 400 hingga 500 meter.

Sementara, pendaratan aman minimal dalam jarak pandang 800 meter pada jam 07.00 Wib, sehingga ada dua penerbangan yakni pesawat Garuda dan Lion Air tujuan Jakarta-Pa­lembang tidak dapat men­darat dan harus kembali ke Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta sebagai antisipasi pihak Angkasa Pura untuk meng­hindari segala kemungkinan yang terjadi dapat mem­ba­hayakan penumpang.

Ia menjelaskan, guna mengantisipasi dan men­cegah kemungkinan yang tidak diinginkan, pihak Ang­kasa Pura melakukan bebe­rapa upaya menunggu asap hingga jarak pandang kembali normal.

Sementara, terjadi keter­lambatan penerbangan yang hari ini direncanakan ada sepuluh penerbangan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

“Selanjutnya, keter­lam­­batan tersebut terjadi agar penerbangan bisa kem­­bali normal dan tidak mem­bahayakan para calon pe­numpang,” katanya. (h/inl)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]