2016, Penerimaan CPNS Dibuka


Rabu, 26 Agustus 2015 - 20:04:09 WIB
2016, Penerimaan CPNS Dibuka

Menurut Menteri Yud­dy, penerimaan CPNS pada saat ini berbeda dengan sistem penerimaan se­be­lumnya yaitu harus dida­sarkan pada pengajuan dari pejabat pembina kepe­ga­waian. Di Kota Yog­ya­karta, pengajuan ke­butuhan pega­wai harus dilakukan oleh wali kota.

Baca Juga : Daftarkan Logo Partai atas Nama SBY, Ketua DPC PD Dharmasraya: Cegah Penyalahgunaan oleh Pihak Lain

Wali kota me­nyam­pai­kan desain kepegawaian selama lima tahun yang didalamnya sudah dirinci kebutuhan pegawai setiap tahunnya, seperti jumlah, formasi yang dibutuhkan termasuk jumlah pegawai yang memasuki masa pen­siun.

“Kebutuhan pegawai ter­sebut dapat disampaikan ke Kementerian PAN dan R­e­formasi Birokrasi melalui apli­kasi e-formasi atau disam­paikan langsung de­ngan ‘hard copy’,” katanya.

Baca Juga : DPC Partai Demokrat Dharmasraya Sampaikan Surat Pengaduan dan Perlindungan Hukum ke Polres Setempat

Rekrutmen calon pe­gawai negeri sipil akan tetap dilakukan melalui se­rang­kaian seleksi seperti tes kemampuan dasar. Pegawai honorer yang memenuhi syarat seperti berusia kurang dari 35 tahun diperbolehkan mengikuti tes tersebut.

“Sedangkan pegawai yang sudah berusia lebih dari 35 tahun bisa bersaing apa­bila ada kekosongan. Kami pun tidak harus me­mak­sakan mengisi semua keko­songan apabila jumlah pega­wai yang memenuhi syarat ternyata kurang,” katanya.

Baca Juga : Terjun ke Politik, Athari Gauthi Ardi: Ingin Kampung Seperti Jakarta

Menteri Yuddy me­nam­bahkan, tidak akan ada lagi pegawai di lingkungan pe­merintah yang berstatus sebagai tenaga bantu, ho­norer atau pegawai tidak tetap. Pemerintah hanya akan mengatur aparatur sipil negara yang di dalamnya terdiri dari pegawai negeri sipil dan pegawai pe­me­rintah dengan perjanjian kerja (P3K).

“Pemerintah yang sangat membutuhkan ahli, seperti ahli komputer bisa me­ngang­kat melalui P3K, atau kepala badan bisa diangkat sebagai P3K,” katanya. (h/rol)

Baca Juga : Ada Gerakan Mau Kudeta Cak Imin dari Kursi Ketum PKB, Benarkah?

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]