Proyek Sumbar Tak Terpengaruh Rupiah


Rabu, 26 Agustus 2015 - 20:12:37 WIB
Proyek Sumbar Tak Terpengaruh Rupiah

“Belum ada perubahan harga konstruksi di Sumbar. Harga aspal tidak naik, har­ga besi tidak naik, harga semen tidak naik. Jadi kita tetap lanjutkan pemba­ngu­nan,” jelas Suprapto.

Baca Juga : Pasar Murah di Padang, Banyak Diskon yang Ditawarkan

Melemahnya harga ru­piah kata Suprapto, berbeda dengan sebelumnya di mana yang biasanya pelemahan ru­piah diikuti dengan ke­bu­tu­han dan kelangkaan ba­han kons­truksi, namun saat ini jus­tru stok tersebut malah me­l­impah dan harga tetap stabil.

“Kenaikkan dollar itu memang aneh, biasanya har­ga-harga langsung naik, tapi sekarang stok nasional un­tuk barang-barang kons­truksi melimpah. Jadi tak ada kelangkaan material,” paparnya.

Baca Juga : Malamang, Tradisi Unik Jelang Ramadan di Padang

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pem­bangunan Daerah (Bap­pe­da), Af­riadi Laudin me­nga­ta­kan, meski saat ini nilai tukar rupiah melemah, na­mun pihaknya belum akan melakukan perubahan pe­ren­canaan pembangunan, terutama untuk pem­ba­ngu­nan fisik. Pembangunan yang dilakukan masih me­ngacu kepada perencanaan yang telah ditetapkan sebe­lumnya.

“Secara nasional pele­mahan rupiah ini memang berpengaruh. Tapi kalau un­tuk perubahan perenca­naan pembangunan, saat ini masih mengacu kepada ren­cana lama. Tapi nanti akan kita sesuaikan dulu dengan kon­disi-kondisi di lapa­ngan,” ujarnya, Rabu (26/8).

Baca Juga : Kembangkan Bakat Remaja, Rabbani Sport Center Hadir di Padang

Jika nanti terjadi kondisi di luar dugaan kata Afriadi, seperti melambungnya har­ga bahan konstruksi, maka pihaknya akan ber­koor­di­nasi dengan pemerintah pu­sat. Karena, untuk merubah sebuah rencana pemba­ngu­nan tersebut perlu per­tim­bangan-pertimbangan khu­sus agar tidak lambannya realisi APBD.

“Kalau nilai tukar rupiah ini kan bisa saja berubah sewaktu-waktu. Tapi jika kondisinya perlu untuk pe­ru­bahan rencana, maka kita tunggu dulu kebijakan pu­sat,” ujarnya. (h/mg-isr)

Baca Juga : Pedagang 'Bunga Rampai' Musiman di Padang Menjamur

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]