Pansel KPK tak Terpengaruh Pihak Mana Pun


Rabu, 26 Agustus 2015 - 20:21:56 WIB
Pansel KPK tak Terpengaruh Pihak Mana Pun

Seperti diketahui, Pansel KPK baru saja menye­lesai­kan proses wawancara ter­hadap 19 calon pimpinan KPK. Penilaian akan disan­dingkan dengan hasil tes kesehatan pada 28 Agustus. Selanjutnya, jumlah calon akan dikerucutkan menjadi delapan orang, lalu disam­paikan kepada Presiden Joko Widodo pada 31 Agus­tus mendatang.

Baca Juga : Daftarkan Logo Partai atas Nama SBY, Ketua DPC PD Dharmasraya: Cegah Penyalahgunaan oleh Pihak Lain

Sebelumnya, perihal ten­tang penunjukan calon pim­pinan KPK tersebut, sempat disorot Kepala Bareskrim Polri Komisaris Jenderal Budi Waseso, yang akan memberi reaksi jika pansel memilih calon bermasalah.

Menanggapi pernyataan itu, Betti menilai pernyataan Budi masih wajar. Menu­rutnya, pernyataan Budi adalah masukan positif agar pansel bekerja profesional. Masukan serupa juga dida­pat pansel dari saluran lainnya.

Baca Juga : DPC Partai Demokrat Dharmasraya Sampaikan Surat Pengaduan dan Perlindungan Hukum ke Polres Setempat

“Kami lihat itu sebagai harapan, betapa pentingnya KPK,” kata Betti.

Pada Selasa kemarin, Budi Waseso mengatakan bahwa Polri akan membe­berkan rekam jejak semua calon pimpinan KPK. Pene­lusuran itu dilakukan Polri atas permintaan Pansel KPK.  “Jika nanti (yang bermasalah, red) ada yang diloloskan, akan saya perlihatkan, kita buka ke masyarakat (hasil penelusuran polisi atas rekam jejak capim KPK). Masyarakat harus tahu atas dasar kejujuran,” ujar Budi.

Baca Juga : Terjun ke Politik, Athari Gauthi Ardi: Ingin Kampung Seperti Jakarta

Ia menekankan bahwa Polri tak mau hasil penelusuran yang mereka lakukan hanya dianggap formalitas. Pihaknya ingin penelusuran Bareskrim menjadi rujukan bagi Pansel KPK dalam memilih calon pimpinan.

Budi juga meminta publik tidak menyalahkan Polri jika ke depannya ada proses hukum yang berkaitan dengan Pimpinan KPK. Menurut dia, Polri akan melakukan penegakan hukum terhadap calon dengan “stabilo merah” yang diloloskan Pansel.

Baca Juga : Ada Gerakan Mau Kudeta Cak Imin dari Kursi Ketum PKB, Benarkah?

“Saya sudah bilang dari awal, jika nanti kami menegakkan hukum terhadap mereka (capim KPK yang dapat catatan merah dari Polri) ya jangan dianggap kriminalisasi, rekayasa, catat itu,” ujarnya lagi. (hr/kom/ral/sis)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]