Makan Makanan Pedas Bantu Jaga Tubuh Tetap Ramping


Kamis, 27 Agustus 2015 - 18:53:01 WIB
Makan Makanan Pedas Bantu Jaga Tubuh Tetap Ramping

Selain itu, para peneliti dari University of Adelaide juga menemukan bahwa diet tinggi lemak dapat me­ng­ganggu reseptor rasa ke­nyang di perut. Reseptor ini berespons ketika terisi cu­kup makanan, sehingga me­ngaktifkan saraf di perut untuk memberitahu tubuh bahwa sudah cukup ma­kanan yang dikonsumsi oleh orang tersebut.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Kesehatan Keuangan Pasca Lebaran

“Kami menemukan bah­wa aktivasi ini diatur melalui ma­kanan pedas atau re­sep­tor TRPV1 di perut,” ung­kap Prof Amanda Page, dari University of Adelaide, se­perti dikutip dari Times of India, Jumat (21/8/2015).

Tim juga menemukan bahwa ‘hilangnya’ reseptor TRPV1 yang terganggu aki­bat pola makan tinggi lemak dapat memicu obesitas. Hal ini mengakibatkan respons saraf lambung untuk me­regang menjadi turun, se­hingga respons kenyang pun hilang dan Anda ingin ma­kan lebih banyak.

Baca Juga : Berniat Beli Emas Usai Lebaran? Ini Cara Cek Emas Asli dan Palsu

Ditambahkan oleh Dr Ste­phen Kentish dari Na­tional Health and Medical Research Council (NHMRC) bah­wa konsumsi capsaicin dalam cabai atau makanan pedas kemungkinan besar dapat mencegah makan berlebihan melalui aksi pada saraf di perut.

Tahap selanjutnya dari penelitian ini adalah akan dilakukannya proses inves­tigasi mekanisme di balik aktivasi reseptor TRPV1. Diharapkan dapat diketahui apakah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai terapi.

“Kami juga akan me­neliti lebih lanjut untuk menemukan alasan me­nga­pa diet tinggi lemak meng­ganggu kerja reseptor TRP­V1,” imbuh Kentish, seperti di­pu­bli­kasikan dalam jur­nal PLoS ONE.(h/dtc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]