ASN Kantor Kemenag Diminta Tak Korupsi


Kamis, 27 Agustus 2015 - 19:02:02 WIB
ASN Kantor Kemenag Diminta Tak Korupsi

Korupsi, kolusi dan ne­po­tisme ibarat noda hitam yang dapat melunturkan putihnya kain. Setetes demi setetes apabila terus dibi­arkan dan membudaya da­pat berdampak kepada ke­ter­purukan dan keme­ro­sotan sebuah instansi.

Baca Juga : Wagub Sumbar: Perencanaan Food Estate Masih Banyak Masalah, Butuh Pengawasan!

“Alasan-alasan itulah kita dituntut untuk terus meningkatkan kualitas diri, termasuk menghapus buda­ya korupsi itu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Pasaman Abdel Haq menyebutkan, korupsi adalah perbuatan berselimut pidana dan ha­ram dilakukan karena me­nyalahi aturan yang telah digariskan dengan tujuan memperkaya diri, atau ke­lompok dan golongan.

Baca Juga : Sinergitas Antar Rumah Sakit Bisa Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 di Sumbar

“Kita punya tujuan untuk mewujudkan Kementerian Agama di Pasaman sebagai zona integritas dan terlepas dari perbuatan KKN serta birokrasi yang bersih,” tegas Abdel Haq.

Melalui rapat kerja, di­harapkan menghasilkan pe­mikiran dan ide-ide yang inovatif buat kemajuan Ke­menag ke arah yang lebih baik dan memberi dampak positif terhadap masyarakat Pasaman.

“Kita telah rencanakan bersama, Kemenag Pasa­man bakal melaksanakan reformasi birokrasi Keme­nag dengan zona integritas menuju wilayah yang bebas dari KKN dan tertatanya birokrasi yang bersih dalam melayani,” paparnya.

Itu pula tema yang dite­tapkan dalam rapat kerja saat itu. Pentingnya mewujudkan zona integritas bebas KKN, tukuk Abdel Haq, karena mau tidak mau Kemenag Pasaman telah ditantang untuk menerapkan zona integritas bebas KKN serta bersih birokrasi dan ramah melayani.

Apalagi Kemenag telah menetapkan lima budaya kerja yang berisikan nilai-nilai integritas, profe­siona­litas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan yang men­jadi roh dan semangat kerja bagi ASN Kemenag.

Abdel Haq mengakui, reformasi birokrasi bu­kan­lah hal yang mudah diker­jakan, harus dilakukan se­cara bertahap. Perlahan namun harus tetap fokus pada tujuannya untuk mem­berikan pelayanan yang ter­baik kepada ma­sya­ra­kat. (h/col).

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]