Inflasi Padang Diprediksi Naik


Kamis, 27 Agustus 2015 - 19:05:17 WIB
Inflasi Padang Diprediksi Naik

Terutama terhadap pe­ningkatan harga pada ba­rang pangan strategis,” kata Walikota Padang Mah­­yeldi  usai membuka Rapat Koordinsasi (Ra­kor) Tim Pengendali In­flasi Daerah (TPID) Kota Pa­dang di Ruang Abu Bakar Jaar, Balaikota Padang, Kamis (27/8).

Mahyeldi menam­bah­kan, sinergi dengan ins­tansi-instansi terkait yang memiliki peran dalam me­ngatur kebijakan ter­hadap barang-barang pa­ngan stra­tegis merupakan satu ben­tuk kebijakan yang dise­diakan pe­me­rintah dalam membantu pengendalian terhadap laju inflasi yang tidak terkendali.

“Kerjasama antar TP­ID­ se-Sumatera Barat dan berbagi teknis de­ngan para ahli, akademisi serta stake holder lainnya diharapkan inflasi secara menyeluruh dapat ter­kendali, khu­sus­nya di Kota Padang,” imbuhnya.

Menurut Mahyeldi, per­­ma­salahan yang masih dihadapi saat ini, masih belum terwujudnya ker­jasama yang konkrit dan berkualitas antar sesama SKPD yang berada dalam koordinasi TPID. Se­hing­ga munculnya kenaikan-ke­nai­kan mendadak ter­hadap ba­rang-barang ke­butuhan po­kok luput dari pe­man­tauan.

“Juga diakui masih le­mah­nya peran pe­me­rin­tah dalam memutus mata ran­tai distribusi per­da­gangan sehingga peran kontrol harga produk men­jadi le­mah,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bagian Perekonomian Set­da Kota Padang Edi Dhar­ma mengatakan, de­ngan terlaksananya Ra­kor TPID Kota Padang ddan bebe­rapa TPID ka­bupaten /kota lainnya ini dapat me­ning­katkan ko­ordinasi ker­jasa­ma se­kaligus mengevaluasi ker­ja TPID selama semes­ter pertama 2015.

“Sedangkan hasil yang diharapkan, terlak­s­a­na­nya proses pen­dis­tribusian ba­rang yang sesuai dengan aturan, terbinanya pelaku usaha yang profesional, ter­wujudnya kerja sama an­tar daerah, serta ter­ja­dinya penyederhanaan dalam perdagangan ba­rang pangan startegis sehingga mata rantai dis­tribusi yang terlalu pan­jang dapat diku­rangi,” sebutnya.

Rakor TPID ini meng­­­­hadirkan na­rasum­ber Ke­pala Perwakilan Bank In­do­nesia Su­ma­tera Barat Puji Atmoko, Ke­pala Ba­dan Pusat Sta­tistik Sumbar, Ketua BPSK Nasional serta Kepala SKPD terkait. Pe­ser­ta Rakor terdiri dari TPID kabupaten/kota se-Su­matera Barat. (h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]