Inflasi Padang Diprediksi Naik


Kamis, 27 Agustus 2015 - 19:05:17 WIB

Terutama terhadap pe­ningkatan harga pada ba­rang pangan strategis,” kata Walikota Padang Mah­­yeldi  usai membuka Rapat Koordinsasi (Ra­kor) Tim Pengendali In­flasi Daerah (TPID) Kota Pa­dang di Ruang Abu Bakar Jaar, Balaikota Padang, Kamis (27/8).

Mahyeldi menam­bah­kan, sinergi dengan ins­tansi-instansi terkait yang memiliki peran dalam me­ngatur kebijakan ter­hadap barang-barang pa­ngan stra­tegis merupakan satu ben­tuk kebijakan yang dise­diakan pe­me­rintah dalam membantu pengendalian terhadap laju inflasi yang tidak terkendali.

“Kerjasama antar TP­ID­ se-Sumatera Barat dan berbagi teknis de­ngan para ahli, akademisi serta stake holder lainnya diharapkan inflasi secara menyeluruh dapat ter­kendali, khu­sus­nya di Kota Padang,” imbuhnya.

Menurut Mahyeldi, per­­ma­salahan yang masih dihadapi saat ini, masih belum terwujudnya ker­jasama yang konkrit dan berkualitas antar sesama SKPD yang berada dalam koordinasi TPID. Se­hing­ga munculnya kenaikan-ke­nai­kan mendadak ter­hadap ba­rang-barang ke­butuhan po­kok luput dari pe­man­tauan.

“Juga diakui masih le­mah­nya peran pe­me­rin­tah dalam memutus mata ran­tai distribusi per­da­gangan sehingga peran kontrol harga produk men­jadi le­mah,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bagian Perekonomian Set­da Kota Padang Edi Dhar­ma mengatakan, de­ngan terlaksananya Ra­kor TPID Kota Padang ddan bebe­rapa TPID ka­bupaten /kota lainnya ini dapat me­ning­katkan ko­ordinasi ker­jasa­ma se­kaligus mengevaluasi ker­ja TPID selama semes­ter pertama 2015.

“Sedangkan hasil yang diharapkan, terlak­s­a­na­nya proses pen­dis­tribusian ba­rang yang sesuai dengan aturan, terbinanya pelaku usaha yang profesional, ter­wujudnya kerja sama an­tar daerah, serta ter­ja­dinya penyederhanaan dalam perdagangan ba­rang pangan startegis sehingga mata rantai dis­tribusi yang terlalu pan­jang dapat diku­rangi,” sebutnya.

Rakor TPID ini meng­­­­hadirkan na­rasum­ber Ke­pala Perwakilan Bank In­do­nesia Su­ma­tera Barat Puji Atmoko, Ke­pala Ba­dan Pusat Sta­tistik Sumbar, Ketua BPSK Nasional serta Kepala SKPD terkait. Pe­ser­ta Rakor terdiri dari TPID kabupaten/kota se-Su­matera Barat. (h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 26 Oktober 2015 - 20:35:48 WIB

    Inflasi Sumbar Diprediksi 4-5 Persen

    PADANG, HALUAN — Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat Puji Atmoko, mem­perkirakan laju inflasi di daerah ini sepanjang tahun 2015 berada di kisaran 4,0-5,0 persen.

    “Artinya, la.

  • Rabu, 02 September 2015 - 19:03:28 WIB

    Kenaikan Biaya Sekolah Dongkrak Inflasi Padang dan Bukittinggi

    PADANG, Haluan — Kebutuhan sekolah untuk tahun ajaran baru menyumbang andil terbesar pembentukan inflasi di dua kota, Padang dan Bukittinggi yang menjadi barometer perekonomian Sumatra Barat per Agustus .

  • Selasa, 01 September 2015 - 19:04:02 WIB

    Padang Inflasi 0,38 Persen

    PADANG, HALUAN— Ba­dan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat mencatat pada Agustus 20­15, Kota Padang menga­lami inflasi sebesar 0,38 persen dan Kota Bukit­tinggi inflasi sebesar 0,55 persen..

  • Jumat, 28 Agustus 2015 - 20:25:13 WIB

    Inflasi Kota Padang Bergerak Menanjak

    PADANG, HALUAN -— Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan inflasi di kota itu akan cenderung bergerak menanjak pada beberapa bulan ke depan, terlihat dari akumulasi inflasi selama Januari sampai.

  • Senin, 03 Agustus 2015 - 19:45:04 WIB

    Harga Tiket Mudik Lebaran Dongkrak Inflasi Juli

    JAKARTA, HALUAN — Ba­dan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka inflasi Juli sebesar 0,93 persen. Dari sejumlah faktor yang mempengaruhi inflasi, kenaikan harga tiket untuk arus mudik dan balik Idul Fitri.


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]