Kabut Asap Mulai Selimuti Sijunjung


Kamis, 27 Agustus 2015 - 19:07:23 WIB
Kabut Asap Mulai Selimuti Sijunjung

Dikhawatirkan dapat me­ngan­cam keselamatan jiwa pengemudi kendaraan yang kurang waspada akan mengalami kecelkaan lalu lintas di jalan raya, karena kendaraan yang datang dari arah berlawanan tidak ter­lihat dengan jelas akibat tertutup kabut.

Baca Juga : Antisipasi Curanmor saat Ramadan, Ini Imbauan Polda Sumbar

Vera Siswati, salah seo­rang warga mengatakan, akibat adanya kabut asap ini berdampak mengurangi ja­rak pandang dan menim­bulkan rasa perih di mata ketika sedang berkendaraan ataupun mengadakan kegia­tan di luar rumah.

Menurutnya, jika kabut asap ini secara terus menerus betambah banyak, tentu akan menimbulkan risiko terhadap kesehatan ma­sya­ra­kat yang menghirupnya akan rentan terkena penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), khusus bagi kalangan anak-anak akan sangat rentan terserang pe­nye­baran berbagai macam penyakit. “Karena kondisi cuaca mengalami peru­ba­haan secara mendadak,” katanya.

Baca Juga : Berkunjung ke Sumbar, Doni Monardo Minta Perantau Lebaran Virtual

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Ben­­cana Daerah (BPBD) Kabu­paten Sijunjung, Har­diwan, SP, mengimbau ma­syarakat agar mengurangi aktivitas keluar rumah dan berken­daraan di jalan raya serta menggunakan masker. Pasal­nya, kabut asap be­rasal dari kiriman Provinsi Riau, aki­bat kebakaran hutan gam­but yang terus menyebar luas menutupi daerah ini, sehing­ga kondisi cuasa ter­lihat gelap dan mendung karena tertutup kabut tebal. “Kita meng­himbau warga agar meng­gunakan masker ketika me­la­kukan kegiatan diluar rumah, guna mengan­tisi­pasi seta meminimalisir dampak dari kabut asap kiriman dari provinsi tetang­ga,” im­bau­nya. (h/ogi)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]