KPU Pasaman Batasi Dana Kampanye Rp5,6 Miliar


Kamis, 27 Agustus 2015 - 19:09:34 WIB
KPU Pasaman Batasi Dana Kampanye Rp5,6 Miliar

”Bagi kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang telah ditetapkan sebagai pasangan calon, harus melaporkan dana kampanye yang digunakan dan tidak boleh melebihi batas maksimal yang telah kita sepakati bersama,” ucap Jajang Fadli.

Baca Juga : Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian

Dana kampanye tersebut kelak digunakan untuk operasional setiap pasangan calon, baik untuk menggelar rapat umum, pertemuan terbatas, membuat baju yang anggaran perhelainya tidak boleh lebih dari Rp25 ribu.

Jajang menambahkan, dana tersebut dapat digunakan untuk melaksanakan kegiatan kebudayaan, pentas seni, panen raya, konser musik, kegiatan olahraga, kegiatan sosial seperti bazar, donor darah dan lainnya.

Baca Juga : Kualitas Udara di Sumbar Masih Kategori Sangat Baik

“Sesuai Peraturan KPU Nomor 08 Tahun 2015 tentang Dana Kampanye, sisa dana kampanye harus disetorkan ke negara. Kewajiban pasangan calon melaporkan dana kampanye berikut dengan para donaturnya. Kemudian, diakhir masa kampanye nanti, pasangan calon juga harus melaporkan penggunaan dana kampanye. Pasangan calon dan tim sukses tidak dibenarkan memberikan bantuan berupa uang tunai, karena bias bermakna politik uang,” pungkasnya. (h/col)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]