Mantan Kepsek SMAN 9 Disidang


Kamis, 27 Agustus 2015 - 19:12:23 WIB
Mantan Kepsek SMAN 9 Disidang

“Setelah proposal dite­rima, tim investigasi Direk­torat Pembinaan SMA Ke­men­terian Pendidikan RI di Jakarta menyetujui untuk memberikan bantuan sosial kepada SMA 9 Padang,” sebut JPU dihadapan ma­jelis hakim yang diketuan Badrun Zaini.

Baca Juga : Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

JPU menambahkan, se­ha­rusnya terdakwa selaku kepala SMA 9 Padang, da­lam mengelola dana bansos mengacu kepada panduan pelaksanaan bansos SMA tahun 2012. Dimana, peng­gunaan dana harus sesuai dengan rencana anggaran biaya yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, dan ternyata hal tersebut tidak dilakukan oleh terdakwa. Sementara itu, rincian ang­garan proposal yang diaju­kan ke pusat tersebut yaitu, kegiatan laboratorium Bio­logi dengan nilai bantuan Rp300 juta. Kemudian, re­hab 25 lokal dengan nilai bantuan Rp400 juta dan dua lokal RKB dengan nilai bantuan sebesar Rp280 juta.

Bahwa selain dari itu, juga terdakwa telah meng­gunakan bansos SMA 9 ta­hun 2012, tidak sesuai de­ngan peruntukkannya. Yaitu, menyuruh Asruddin men­tran­sfer uang bansos terse­but ke rekening terdakwa sebesar Rp25 juta pada 25 Juni 2012, Rp40 juta pada 13 Agustus 2012 dan ke rekening anak terdakwa Rp10 juta.

Baca Juga : H-6 Lebaran, Pantai Purus Padang Sepi Pengunjung

Akibat dari perbuatan ter­dakwa, telah menim­bul­kan kerugian negara sebesar Rp154.007.091. Sebagai­mana hasil perhitungan ke­ua­ngan negara oleh Inspek­tor­at Kota Padang. Per­buatan terdakwa sebagai­mana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 ayat (1) huruf a, b, ayat (2) (3) UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pem­berantasan Tipikor sebagai­mana telah diubah dan di­tam­bah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pem­be­ran­tasan Tipikor.

Usai persidangan, ter­dak­wa melalui kuasa hu­kum­nya Riefia Nadra, Sh dan Meri A. Zulkarnain, SH menya­takan akan menyam­paikan eksepsi pada sidang selanjutnya. (h/hel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]